Konversi Motor Listrik Ditarget Capai 1 Juta Unit pada 2025

Kompas.com - 04/08/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comKonversi motor listrik dianggap jadi salah satu cara murah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik. Pasalnya harga motor listrik yang masih tinggi jadi hambatan masyarakat membeli produk ini.

Luh Nyoman Puspa Dewi, Direktur Konservasi Energi EBTKE Kementerian ESDM, mengatakan, konversi motor listrik bisa menekan penggunaan BBM.

Dengan begitu, subsidi dari APBN yang digunakan untuk BBM, bisa dialihkan untuk mendukung penyebaran kendaraan listrik. Salah satunya dengan memberikan insentif untuk konversi motor listrik.

Baca juga: Proses Penghapusan Data STNK, Bukan Sekadar 2 Tahun Tunggak Pajak

Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDMKementerian ESDM Konvoi konversi motor listrik Kementerian ESDM

“Kami punya cita-cita, 10.000 unit pada 2023, di-scale up sampai dengan tahun 2025 menjadi 1 juta unit,” ujar Dewi, dalam webinar yang disiarkan Youtube InfoKPBB, Rabu (3/8/2022).

“Upaya-upaya ini kami lakukan, subsidi saat ini begitu tinggi untuk Pertalite. Ini harus lebih masif lagi untuk diterapkan. Karena kami melihat bahwa subsidi itu sangat tinggi,” kata dia.

Berdasarkan catatannya, jumlah sepeda motor pada 2020 mencapai 115 juta unit. Dewi berujar bahwa Kementerian ESDM punya fungsi sebagai katalisator dengan melakukan konversi.

Baca juga: Proses Penghapusan Data STNK, Bukan Sekadar 2 Tahun Tunggak Pajak

Dari jumlah tersebut, pilot project Kementerian ESDM mengkonversi 1.000 unit motor listrik pada 2022. Kemudian angka ini terus ditingkatkan pada 2023 menjadi 10.000 unit.

Adapun pada 2024, targetnya ditambah lagi menjadi 100.000 unit, dan mencapai 1 juta unit pada 2025.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.