Chery Akan Distribusi Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro mulai Oktober 2022

Kompas.com - 04/08/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil asal China, Chery berencana untuk merakit lokal seluruh produk yang diluncurkan di pasar dalam negeri secara bertahap. Hal ini dilakukan salah satunya agar memastikan mobil punya nilai kompetitif tinggi tetapi terjangkau.

Namun pada tahap pertama, seperti dikatakan Managing Director Chery Motor Indonesia Major Qin dalam sesi khusus kepada Kompas.com di The Terrace, Senayan Golf, Jakarta, Rabu (3/8/2022), kapasitasnya belum maksimal.

"Dalam GIIAS 2022, kita akan membuka pre-booking price untuk model Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Mobil tersebut akan kita produksi di dalam negeri dengan status completely knocked down (CKD) dari Thailand," katanya.

Baca juga: Chery Bakal Rakit 3 Model Ini Secara CKD di Indonesia

Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Chery Tiggo 7 Pro

"Jadi untuk distribusinya, mungkin dimulai pada Oktober 2022 ini," lanjut dia.

Adapun fasilitas pabrik yang bakal digunakan Chery secara sementara ialah di assembling factory milik Hyundai terdahulu, yakni PT Handal Indonesia Motor di Bekasi, Jawa Barat.

Dengan beberapa penyesuaian baru, dalam waktu penuh fasilitas tersebut bisa memproduksi hingga 30.000 unit kendaraan per tahun.

"Rencana kami, aktivitas produksi bisa dimulai September tahun ini karena pada Oktober 2022 kita mulai first delivery. Kalau pembagiannya antara kedua produk itu, tergantung permintaan pasar," ucap Qin.

Baca juga: Prinsipal Chery Membeberkan Strategi Mobil Listrik di Indonesia

Pengujian ekstrem mobil Chery Pengujian ekstrem mobil Chery

Tidak sampai di sana, dikatakan pula bahwa Omoda 5 versi mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) akan dirakit di fasilitas yang sama. Mobil rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022.

Kini, pabrikan tengah melakukan persiapan untuk melakukan proses produksi di fasilitas terkait dan mencari pemasok lokal supaya menambah Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)-nya.

"Iya, Omoda 5 juga kita berencana untuk menghadirkannya ke Indonesia pada akhir tahun ini atau kuartal pertama tahun depan. Mobil juga akan dirakit di sini," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.