Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Fitur Baru Toyota C-HR Hybrid, Makin Asyik buat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 29/07/2022, 18:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan C-HR Hybrid versi 2022 yang dipasarkan Rp 582,7 juta untuk non-premium color dan Rp 584,2 juta untuk premium color.

Sebelumnya SUV hybrid ini dibanderol Rp 566 juta, yang artinya mengalami kenaikan Rp 16,7 juta dari model lama. Lantas apa saja fitur baru dari mobil ini?

Melihat harganya, C-HR bukan jadi mobil hybrid termurah. Berdasarkan daftar harga di situs resmi TAM, SUV itu bahkan jadi yang kedua termahal setelah New Camry Hybrid.

Baca juga: Bocoran Rencana Toyota Indonesia Untuk Mobil Listrik bZ4X

Test Drive Toyota C-HR Hybrid 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Toyota C-HR Hybrid 2022

Kini, telah dilengkapi teknologi TSS dengan empat fitur keselamatan, yakni Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (AHB).

Tak sampai itu saja, Toyota juga memberikan fitur lain yang tak kalah modern, yakni Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), juga yaitu layanan telematika T Intouch yang memiliki fitur, Find my Car, Stolen Vehicle Tracking, Geofencing, e-Care, Emergency Road Assistance, dan Trip Driving Update.

Mengadopsi sistem Full Speed Dynamic Radar Cruise Control, radar yang ada pada C-HR Hybrid diklaim mampu berfungsi pada kecepatan 0-180 kpj serta mendeteksi kendaraan hingga 120 meter (m) di depan.

Baca juga: Motor Listrik Mirip Vespa S Dijual Cuma Rp 12 Juta

Saat Kompas.com coba, rupanya radar tidak terasa sensitif. Hal ini tentu punya plus minus. Keuntungannya, mobil tidak langsung mengerem mendadak saat ada kendaraan lain masuk ke lajur kita.

Sementara kekurangannya, mobil berisiko menyenggol kendaraan lain bila kita tidak awas saat menyetir. Kemudian saat terjadi hujan lebat pada malam hari, tampaknya sensitivitas radar juga agak berkurang.

Meski begitu, saat cuaca siang hari meskipun terjadi hujan, gejala tersebut tidak ditemukan. Fitur Dynamic Radar Cruise Control cukup membantu dan mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh atau di jalan tol.

Baca juga: 7 Mobil LCGC Paling Laris di Juni 2022, Calya Sigra Teratas

Toyota C-HR Hybrid 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota C-HR Hybrid 2022

Kemudian, ada Pre-Collision System akan menjadi asisten pengendara untuk memberikan peringatan serta mengintervensi kontrol pengemudi dengan melakukan rem secara otomatis guna menghindari tabrakan.

Untuk LDA mengingatkan pengemudi agar tetap berada di jalur yang seharusnya dengan getaran pada setir.

Sementara AHB akan melakukan deteksi pada lampu kendaraan yang ada di depan untuk mengatur penggunaan lampu high beam dan low beam sesuai kondisi jalanan.

Baca juga: Berapa Lama Produksi Bus di Karoseri?

Toyota C-HR Hybrid 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota C-HR Hybrid 2022

Teknologi auto windshield wiper dengan rain sensor juga diberikan guna memaksimalkan visibilitas berkendara.

Pada bagian dalam, selain kehadiran tombol TSS pada kemudi, kini juga ada perangkat hiburan yang mengusung integrated smartphone connection, Nano E Ion Generator, new sunvisor with mirror and lamp, serta electronic rear view mirror dengan auto dimming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com