Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mendorong penetrasi mobil listrik di Indonesia, pemerintah telah memiliki program khusus yang bertujuan merangsang daya beli konsumen.

Miftahudin, Analis Kebijakan Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, mengatakan, rangsangan ini sengaja diberikan agar mobil listrik menjadi lebih terjangkau bagi konsumen.

“Supaya mobil listrik di Indonesia menjadi kenyataan, menjadi terbeli oleh konsumen. Maka pemerintah kemudian memberikan insentif,” ujar Miftahudin dalam seminar PEVS di JIExpo, Kemayoran (28/7/2022).

Baca juga: Motor Listrik Mirip Vespa S Dijual Cuma Rp 12 Juta

Australia memerlukan lebih banyak prasarana pengisian baterai mobil listrik.AP/NG HUAN GUAN via BBC INDONESIA Australia memerlukan lebih banyak prasarana pengisian baterai mobil listrik.

Menurutnya, insentif itu terbagi menjadi dua kelompok besar, yakni insentif untuk konsumen dan insentif untuk manufaktur.

Kemudian, masing-masing dari kelompok itu, mendapatkan insentif dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan juga stakeholder lainnya.

“Pemerintah pusat memberikan PPnBM 0 persen bagi konsumen. Sedangkan dari pemerintah daerah misalnya di DKI, kalau membeli mobil listrik tidak dikenakan BBNKB maupun PKB,” ucap Miftahudin.

Baca juga: 7 Mobil LCGC Paling Laris di Juni 2022, Calya Sigra Teratas

Lalu dari sisi pembiayaan, Miftahudin mengatakan, Bank Indonesia mengizinkan adanya DP 0 persen untuk mobil listrik. Sehingga konsumen bisa mencicil dengan biaya yang lebih ringan.

"Kalau mau menambah daya itu tidak dikenakan biaya penambahan daya yang komersial Kemudian ada juga pelat nomor khusus, yang bisa jalan bebas ganjil genap,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.