Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir semua mobil baru sudah dilengkapi dengan remote keyless untuk meningkatkan keamanan dan memudahkan penggunanya.

Namun demikian, keyless memiliki beberapa kelemahan, mulai saat baterai remote mulai lemah atau saat kunci hilang.  

Bila sampai keyless hilang, tak hanya akan bikin repot, tapi juga merugikan karena biaya pergantiannya tergolong mahal. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, kerugian pemilik mobil yang kehilangan keyless cukup banyak. Pintu mobil tak bisa dibuka dan pemilik harus membeli sat set yang baru. 

"Kunci keyless jadi satu-satunya alat buka tutup pintu mobil. Padahal, di dalam kunci keyless juga terdapat anak kunci darurat untuk membuka pintu bila baterai remot habis," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Andik mengatakan, pabrikan mobil juga menyertakan kunci serep cadangan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Namun, lebih aman pemilik mobil menghubungi diler terdekat untuk dibuatkan remote baru. 

"Pabrikan menyertakan dua remote kunci cadangan yang bisa digunakan keadaan darurat, tetapi risiko dan faktor keamanan untuk antisipasi kunci hilang sebaiknya tetap dibuat baru," katanya. 

Lebih lanjut Andik menjelaskan, harga kunci set bengkel resmi belum termasuk ongkos biaya registrasi ulang data kunci keyless. 

Sementara itu, Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana, juga mengatakan hal yang sama dengan menjelaskan teknologi remote keyless dilengkapi kode rahasia agar tak bisa digandakan . 

"Kode kunci tertera di bagian anak kunci dan bisa di sinkronisasi dengan ECM. Data registrasi hanya bisa di perbarui atau di install ulang bengkel resmi," ujar Septi. 

Pergantian satu set, kata dia, supaya semua data registrasi kunci keyless bisa dihapus. Baru, data baru sistem kemanan kunci mobil bisa di install ulang. 

Adapun, untuk harga satu set kunci keyless mobil tiap merk berbeda-beda. Lebih jelasnya sebagai berikut:

- Suzuki All New Ertiga, XL-7, All New Baleno: Kunci set, transmiter, Rp 400 ribu. 

- Kia All New Rio: Smart key, Rp 2.385.929. 

Biaya tersebut belum termasuk ongkos registrasi data. Biaya registrasi ulang sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1 jutaan. Sehingga, kalkulasi estimasi biaya ganti kunci keyless hilang di bengkel resmi bisa berkisar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/29/113100615/remote-keyless-mobil-hilang-ini-kisaran-dana-yang-harus-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke