Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan PO AKAP yang Punya Restoran Sendiri, Bukan Cuma Rosalia Indah

Kompas.com - 28/07/2022, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan makan saat perjalanan naik bus AKAP memang menjadi salah satu standar. Biasanya servis makan ini baru didapatkan ketika naik bus dengan kelas VIP sampai Super Eksekutif.

Jadi, saat naik bus AKAP ke luar kota memang memakan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, di tengah perjalanan bus akan berhenti di restoran untuk beristirahat dan penumpang makan.

Biasanya bus akan berhenti di restoran dan sudah bekerja sama. Jadi ketika sampai, sudah disiapkan makanan baik dalam bentuk prasmanan maupun pilihan menu.

Baca juga: BERITA FOTO: Tampilan Bus Listrik Kolaborasi MAB dan UI

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Beberapa Perusahaan Otobus (PO) juga punya restoran sendiri, jadi tidak perlu lagi kerja sama dengan restoran sendiri. Setidaknya ada empat PO yang punya restoran dan tersebar di beberapa daerah.

A.M. Fikri, Pemerhati Transportasi Bus di Indonesia mengatakan, Agra Mas punya restoran sendiri dengan nama Kendil Mas, lalu ada Haryanto juga dengan nama restoran Menara Kudus.

"Agra Mas, Kendil Mas, Nusantara masih enggak ya So Tasty, ada Haryanto, dan beberapa lagi (PO)," kata Fikri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Toyota Batalkan Pesanan Harrier dan Land Cruiser


Selain itu, Rosalia Indah juga punya restoran sendiri yang berlokasi di daerah Subang, Jawa Barat. Restoran tersebut pun bisa dikunjungi oleh orang lain, bukan cuma penumpang bus.

Untuk rumah makan Kendil Mas, ada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Lokasinya juga strategis, dekat pintu tol Weleri sehingga pas untuk istirahat setelah berada di jalan tol cukup lama.

Lalu untuk restoran milik PO Nusantara yakni So Tasty sayangnya sudah tutup permanen. Jadi servis makannya dialihkan ke restoran lain, seperti kalau dari Jabodetabek ke arah Jawa Tengah, layanan makan di RM Markoni.

Bus AKAP baru PO Sinar JayaINSTAGRAM/HISYAM_2542 Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

Kemudian untuk Haryanto, servis makan dilakukan di restoran sendiri dengan nama Menara Kudus. Lokasi dari restoran ini berada di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Selanjutnya ada Sinar Jaya yang punya restoran dengan nama Panorama. Semua bus Sinar Jaya yang mengarah ke Jawa Tengah dan Timur berhenti untuk melakukan servis di restoran yang ada di daerah Tegal, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com