Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurokars Sebut Pasar Sedan di Indonesia Mulai Membaik

Kompas.com - 27/07/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia baru saja meluncurkan Mazda 2 Sedan di diler Mazda Simprug, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

Varian sedan dari Mazda 2 tersebut pun punya banderol yang sama dengan model hatchback, yakni Rp 338,8 juta OTR Jakarta. Sehingga, calon pembeli Mazda 2 nantinya punya dua pilihan, ingin bodi sedan atau hatchback.

Apalagi saat ini skema pajak kendaraan bukan lagi berdasarkan model bodi, melainkan emisi gas buang. Oleh karena itu, mobil sedan yang dijual di Indonesia punya harga yang lebih dekat dengan model hatchback.

Baca juga: Pilih Mana, Mazda 2 Sedan atau Mazda 2 Hatchback

Mazda Indoensia secara resmi meluncurkan Mazda 2 Sedan pada 26 Juli 2022Muhammad Fathan Radityasani Mazda Indoensia secara resmi meluncurkan Mazda 2 Sedan pada 26 Juli 2022

Ketika meluncurkan model sedan dari Mazda 2, Managing Director PT EMI mengatakan, pasar sedan di Indonesia saat ini sedang meningkat, permintaan masyarakat semakin banyak.

"Cek di Gaikindo, market sedan itu meningkat. Dari situ bisa dilihat ada kebutuhan, jadi kenapa enggak kalau kita bisa menawarkan sedan di Indonesia," ucapnya di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Berdasarkan data Gaikindo, wholesales atau distribusi kendaraan dari pabrik ke diler periode Januari sampai Juni di 2022 untuk sedan dengan kubikasi mesin di bawah 1.500 cc memang punya angka penjualan yang cukup baik.

Baca juga: PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar


Pada periode tersebut, tercatat ada 1.000 unit sedan yang didistribusi ke diler. Sedangkan jika melihat di data pada periode sama di tahun 2021, hanya ada 917 unit yang dikirim.

Kalau dibandingkan lagi dengan data 2020, angka wholesales lebih kecil lagi, yakni 532 unit per Januari sampai Juni. Bisa dilihat ada permintaan yan terus meningkat seiring tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com