Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Mewah Bergaya Retro yang Dipakai Jokowi di Beijing, Harganya Rp 12 M

Kompas.com - 26/07/2022, 16:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Beijing, China. Salah satu yang menarik perhatian adalah kendaraan yang digunakan oleh Jokowi di sana.

Dalam YouTube Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi dijemput menggunakan mobil mewah bergaya retro. Mobil tersebut adalah Hongqi L5.

Baca juga: Mobil Mewah Dipastikan Tidak Dapat Beli BBM Subsidi

Dikutip dari Hotcars.com, Selasa (26/7/2022), sedan tersebut pertama kali diluncurkan pada 2013 di Shanghai Auto Show. L5 juga dikenal sebagai mobil buatan China paling mahal yang pernah dijual ke pasaran.

Untuk diketahui, Hongqi yang merupakan bagian dari FAW Group membanderol L5 dengan 5 juta yuan atau setara Rp 12 miliar. Mobil ini juga digunakan oleh para pejabat di China.

Soal dapur pacunya, L5 bisa dibilang cukup ganas. Mobil ini dibekali dua pilihan tipe mesin. Pertama, mesin 4.0 L V8 twin turbo yang menghasilkan 381 tk dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Mesin Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke BeijingDok. Hotcars.com Mesin Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke Beijing

Baca juga: Daftar Kerugian jika Mobil Mewah Sering Isi Pertalite

Sedangkan yang kedua, menggunakan mesin 6.0 L V12 dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 408 tk dan torsi 550 Nm.

Interior Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke BeijingDok. FAW Group Interior Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke Beijing

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.555 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 1.578 mm. Jarak sumbu rodanya 3.435 mm dengan bobot 3.150 kg. Untuk diketahui, menurut kepercayaan di China, angka lima adalah angka keberuntungan.

Desainnya memang menjadi salah satu bagian yang paling menarik. Sebab, mengusung konsep retro dengan model lampu bulat sebagai lampu utamanya. Rumah lampunya berguna juga sebagai ventilasi yang mengarahkan udara ke area mesin.

Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke BeijingDok. FAW Group Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Jokowi saat berkunjung ke Beijing

Hongqi sendiri sudah eksis lebih dari delapan dekade dan terus memproduksi mobil-mobil mewah hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com