Saat AC Mobil Dinyalakan Terdengar Bunyi, Normal atau Tidak?

Kompas.com - 26/07/2022, 14:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, pemilik mobil kurang memperhatikan kondisi kendaraan, karena padatnya aktivitas. Padahal, melakukan perawatan begitu penting agar mobil tetap prima.

Apabila abai terhadap perawatan, maka akan muncul masalah-masalah pada komponen mobil. Sebagai contoh, sistem pendingin kabin alias AC. 

Masalah yang terkadang timbul, yaitu terdengar bunyi seperti ketukan ketika AC mobil pertama dinyalakan.

Jika diperhatikan, bunyi tersebut menyerupai ketukan antar logam padat yang berulang setiap setengah menitan. Bunyi ketukan itu akan terus ada selama AC dihidupkan, dan hilang begitu AC dimatikan.

Baca juga: AC Mobil Tak Lagi Sejuk, Jangan Cuma Fokus Tambah Freon

Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah. Kompas.com Perawatan servis kompresor mobil yang bermasalah.

Service Advisor PT Graha Rajasa (Denso) Andres Siswanto, mengatakan ada komponen pada sistem AC yang berbunyi semacam ketukan setiap sekitar 15 detikan, itu bunyi normal.

“Bunyi magnetik clutch normal, setiap 15 detik akan menyambung dan memutuskan putaran dari mesin menuju mekanikal kompresor,” ucap Andres kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Dia mengatakan komponen tersebut memang menimbulkan bunyi. Setiap kopling magnet tersebut dialiri arus listrik dari ECU maka magnet akan menempelkan kopling sehingga mekanikal kompresor berputar seiring dengan putaran mesin.

Baca juga: Visco Fan yang Lemah, Bisa Jadi Penyebab AC Mobil Tak Lagi Sejuk

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Seperti yang diketahui, kompresor AC terdiri dari tabung dan puli. Bagian tabungnya berisi komponen yang bertugas menekan freon, sementara puli diperuntukkan untuk mengambil putaran mesin dibantu oleh drive belt. Komponen AC berupa puli ini biasa disebut magnetic clutch.

Nah, mekanikal kompresor ini tidak seharusnya berputar. Dia akan berhenti bila AC dimatikan dan ketika tekanan freon sudah melebihi batas kewajaran yang sudah ditentukan.

Sehingga, kompresor membutuhkan kopling untuk menyambung dan memutuskan putaran dari mesin. Dalam hal ini kompresor dibantu oleh magnetic clutch.

“Hanya saja kalau bunyi tersebut berulang lebih cepat, itu tidak normal, itu menandakan tekanan freon terlalu tinggi, bisa karena pengisian freon terlalu banyak, ada kerusakan pada kompresor, saluran freon AC bermasalah atau rusaknya sensor tekanan freon,” ucap Andres.

Baca juga: AC Mobil Mendadak Panas, Bisa Jadi Ini Masalahnya

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Dia mengatakan untuk menentukan sumber masalahnya, perlu dilakukan pemeriksaan di bengkel AC yang kompeten, karena dalam prosesnya tidak sederhana.

Hanya saja, jika bunyi magnetic clutch tersebut masih dalam pengulangan yang wajar, setiap 15 sampai 25 detik berbunyi, maka hal itu wajar saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.