Kompas.com - 26/07/2022, 11:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru, yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi, di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung pada 22-31 Juli 2022.

Meski masih tes pasar, CEO PT Benelli Anugerah Motor Pusaka, pemegang merek Benelli dan Keeway, Steven Kentjana Putra, mengatakan, pihaknya yakin kedua produknya bisa diserap baik oleh pasar.

Baca juga: Waspada Macet, Ada 11 Titik Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi

Steven mengatakan, keunggulan Citi Ezi dan Mini Ezi ialah pada desain dan dimensi yang tidak terlalu kecil. Karena itu pihaknya mengincar penjualan bussiness to bussiness atau B2B sebagai armada pengiriman.

Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.KOMPAS.com/Gilang Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.

"Ada. Saya didorong sama teman-teman, ini yang dimensinya paling tepat buat delivery, ban dan dimensinya tidak kecil. Kita jajakin dulu, kalau kita bisa kolaborasi bakal makin banyak motor listrik di jalan," kata Steven yang ditemui di JIExpo, Jumat (22/7/2022).

Steven yakin ke depan pasar motor listrik terbuka luas. Sebab perbandingan jumlah antara motor listrik dengan motor bensin saat ini masih kecil. Adapun yang harus dilakukan sekarang ialah membuat masyarakat mau beralih ke motor listrik.

"Karena kemarin data saya ikut seminar di Kemenperin, AISI bilang pak Hari Budianto (Sekjen AISI) bilang, Januari sampai Juni motor listrik baru 6.000 (unit) nasional, itu sangat kecil sekali dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine) itu 0,000 berapa persen," kata dia.

Baca juga: Kendaraan Listrik Jadi Solusi Masalah BBM

Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.KOMPAS.com/Gilang Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.

"Jumlah 6.000 itu yang resmi berdasarkan SURT, yang ada pelat. Indonesia loh seluruh nasional, ya yang paling besar itu mereka yang B2B seperti Grab dan Gojek," kata Steven.

Sekilas mengenai Citi Ezi dan Mini Ezi merupakan produk ketiga motor listrik Keeway yang diperkenalkan di Indonesia. Sebelumnya pada Oktober 2020 Keeway sudah membawa E-Zi Plus untuk diperkenalkan ke publik tapi belum dijual untuk umum.

Baca juga: Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Keeway E-Zi PlusFoto: Istimewa Keeway E-Zi Plus

Tampilan antara City Ezi dan Mini Ezi serupa yaitu skuter listrik untuk keperluan komuter. Bentuknya ramping dan ringkas, secara keseluruhan tampilannya menyiratkan motor pekerja keras.

Citi Ezi dan Mini Ezi pertama kali diperkenalkan di EICMA 2021. Saat ini keduanya sudah dijual di Jepang dan India. Perbedaan antara dua motor ini ialah dimensi, fungsi dan sumber daya.

Meski baru diperkenalkan Steven memberi ancang-ancang harga jika nantinya dijual. Citi Ezi dibanderol di bawah Rp 40 juta sedangkan Mini Ezi dibanderol di bawah Rp 20 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.