Kompas.com - 26/07/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik, infrastruktur harus terus ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Inisiatif tersebut juga dilakukan oleh PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts), anak perusahaan PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak di bidang komponen kendaraan. Astra Otoparts resmi memperkenalkan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower.

Baca juga: PLN Siapkan 70 SPKLU untuk Kendaraan Listrik Delegasi G20

Astra Otopower yang berlokasi di area parkir lantai B2 Menara Astra ini merupakan SPKLU pertama yang diresmikan. Nantinya, Astra Otopower akan hadir di beberapa lokasi lain untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pelaksanaan kegiatan Presidensi G20 dan mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra OtopowerDok. Astra Otoparts Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower

Kehadiran Astra Otopower turut mendukung program pemerintah untuk menekan emisi gas buang kendaraan bermotor dengan infrastruktur kendaraan listrik.

“Semangat kami untuk terus mengeksplorasi peluang bisnis baru yang berkelanjutan diwujudkan dalam proyek dan investasi kami terhadap energi baru terbarukan (EBT) yang turut mendukung Pemerintah dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim, dalam keterangan resminya.

Baca juga: PLN Siapkan 70 Unit SPKLU buat KTT G20 di Bali

Charging machine pada Astra Otopower diklaim sudah menggunakan standar global komunikasi internasional. Sehingga, semua tipe kendaraan listrik dapat menggunakan charging machine ini selama konektornya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra OtopowerDok. Astra Otoparts Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower

Selain itu, charging machine ini juga dilengkapi dengan fitur inovatif berupa Safety Flooding System yang membuat charging machine otomatis mati apabila terendam air. Lalu, dilengkapi juga dengan fitur Humidity Control System yang mencegah charging machine dalam keadaan lembab berlebih.

Saat ini, SPKLU Astra Otopower dapat dioperasikan menggunakan mobile web browser, di mana historikal transaksi pengisian pengguna akan terekam.

Untuk ke depannya, sistem pengoperasian Astra Otopower akan terintegrasi dengan www.astraotoshop.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.