Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terancam Absen di MotoGP, Nego Gaji Joan Mir dengan Honda Mentok

Kompas.com - 10/07/2022, 08:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karir Joan Mir di dunia balap memasuki masa genting. Setelah hengkang dari Suzuki, yang mundur dari MotoGP, pebalap asal Spanyol dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan Repsol Honda. Namun kedua belah pihak belum mencapai kata sepakat.

Manajer pribadi Joan Mir, Paco Sanchez, menyebut kliennya punya peluang vakum dari dunia balap MotoGP.

Menurutnya, saat ini Joan Mir yang merupakan juara dunia MotoGP 2020 sedang melakoni negosiasi dengan Repsol Honda.

Baca juga: Tanpa Subsidi, Harga Pertalite Tembus Rp 17.200 dan Solar Rp 18.150

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).KOMPAS.com/BENEDIKTUS AGYA PRADIPTA Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).

Kabarnya, kedua belah pihak tak kunjung satu suara soal besaran gaji yang nantinya diterima Joan Mir.

Sanchez berujar jika kondisi Mir sudah genting, karena posisi di Repsol Honda sudah diincar oleh banyak pebalap.

"Tahun ini kami mendapati diri kami dalam situasi yang berbeda akibat rasa takut yang ditimbulkan Suzuki. Ini hal yang tidak kami duga, dan telah mengguncang bursa pebalap," ujar Sanchez, dikutip dari Corsedimoto (9/7/2022).

Baca juga: Setelah Toyota Land Cruiser 300, Lexus Juga Stop Pemesanan LX


"Ada dua rider tersedia karena tak punya motor, dan kini MotoGP berada di level terbaiknya. Kami sudah mencapai level darurat," kata dia.

Sanchez menambahkan, Repsol Honda adalah satu-satunya pilihan Mir, karena tempat-tempat kosong seperti di RNF Racing dan KTM Tech3 sudah memiliki kandidat-kandidat yang cukup kuat.

Namun, jika kesepakatan pada akhirnya tak diraih, Sanchez menyatakan Mir akan cuti dari MotoGP. Situasi masa depan Mir yang tak menentu ini juga tak dimungkiri Sanchez membuat kliennya merasa frustrasi.

"Mir tahu betul segala kesulitannya dan saat ini Honda adalah satu-satunya tim yang kami punya. Jika Joan tak membela Honda, ia akan pulang ke rumah. Tak ada rencana cadangan," ucap Sanchez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com