Tips Hemat Naik Bus AKAP Lintas Sumatera, Bawa Bekal Makanan Sendiri

Kompas.com - 22/07/2022, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi dari Pulau Jawa ke daerah di Sumatera bisa menggunakan bus AKAP bagi yang takut naik pesawat terbang. Apalagi bus sekarang sudah semakin bagus model serta fasilitasnya.

Namun, untuk bus AKAP ke arah Sumatera memang ada sedikit perbedaan, yakni servis makan yang tidak termasuk dari harga tiket. Jadi ketika berhenti untuk beristirahat, penumpang harus bayar sendiri.

Mengingat perjalanan dengan bus ke Sumatera cukup lama, bus akan berhenti beberapa kali. Tentu jika setiap berhenti harus membeli makan, biaya perjalanan jadi bengkak atau boros.

Baca juga: Selain Korsleting, Ini Faktor yang Menyebabkan Bus Terbakar

Bus AKAP baru PO JRGDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO JRG

Anggota Forum Bismania Indonesia, Asrul Arifin Siregar akan memberikan berbagai tips agar bisa menekan ongkos makan saat dalam perjalanan.

“Pastinya bawa bekal, bawa roti paling mudah. Atau kalau mau repot bisa bawa lauk yang awet, jadi tinggal beli nasinya,” ucap Asrul kepada Kompas.com, belum lama ini.

Misalnya saja, perjalanan bus AKAP Jakarta – Medan, setidaknya akan berhenti minimal lima sampai enam kali di rumah makan. Asrul mengatakan, sekali makan dengan lauk telur, minimal mengeluarkan Rp 20.000.

Baca juga: Ini Proses Penghapusan Data STNK jika Tidak Bayar Pajak Selama 2 Tahun


“Itu hanya pakai telur ya lauknya. Gimana kalau pakai ayam atau rendang,” kata Asrul.

Tips lainnya, saat beristirahat, makannya jangan di dalam rumah makannya, tetapi cari di sekitaran tempat istirahat. Di sekitar rumah makan memang bukan nasi menunya, tapi semacam bakso atau yang sejenisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.