Kompas.com - 21/07/2022, 13:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM mesin diesel nonsubsidi, Pertamina Dex dan Dexlite, jadi salah satu penyebab konsumen bermigrasi menggunakan Solar murah.

Namun demikian, ada pro dan kontra mewarnai peralihan konsumen pengguna Dexlite. Hal ini dipicu kekhawatiran pemilik mobil diesel terkait kandungan Cetane Number (CN) Biosolar yang memiliki kadar sulfur sekitar 2.500 part per million (ppm).

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, pengguna mesin diesel commonrail agar lebih sering melakukan purging dan membersihkan saluran injektor. 

"Kotoran dan kadar sulfur Biosolar sangat tinggi dengan CN number 48, saluran injektor bisa lebih gampang tersumbat," ucap dia kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Cegah Kena Tilang Elektronik, Ada Dua Aturan yang Berlaku di Jalan Tol

Purging sendiri merupakan cara yang umum digunakan untuk membersihkan injector, nosel, dan komponen pompa injeksi atau jalur bahan bakar tanpa harus membongkar semua komponen terkait.

Bambang menjelaskan, sesuai anjuran pabrikan idealnya purging injektor diesel dilakukan tiap interval 10.000 kilometer (km).

Lampu Indikator Filter Solar Innova DieselDicky Lampu Indikator Filter Solar Innova Diesel

"Kandungan sulfur uang tinggi yaitu sekitar 2.500 ppm kaya akan kandungan lumpur," tambahnya. 

Senada, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, tingkat kadar sulfur Solar murah yang tinggi bisa menyumbat dan menimbulkan kerak di injektor. 

"Makin tinggi kandungan sulfur BBM dampaknya lebih berisiko membuat injektor bermasalah," katanya. 

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Dika menambahkan, Bioslar juga mengandung kadar air yang cukup tinggi. Jika lolos penyaringan waterseparator akan membuat filter solar lebih cepat kotor. 

"Indikator pergantian filter akan lebih cepat nyala. Karena kandungan air yang tinggi, solusinya lebih cepat ganti atau dibersihkan," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.