Sebelum Naik, Ini Plus Minus Bus AKAP Angkatan Pagi

Kompas.com - 22/07/2022, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus antar kota pada zaman dahulu biasanya tersedia pemberangkatan sore hari. Mengingat kondisi jalan dari sore menjelang malam cenderung sepi daripada pagi.

Namun saat ini, semenjak hadirnya jalan tol membuat operator mulai menghadirkan bus dengan keberangkatan pagi. Bus yang berangkat pagi tersebut juga kerap disebut dengan angkatan pagi.

Dibanding bus yang berangkat sore, naik bus angkatan pagi punya beberapa kelebihan. Namun, ada juga kekurangan ketika memilih jalan dengan bus dengan jadwal keberangkatan pagi.

Baca juga: Selain Korsleting, Ini Faktor yang Menyebabkan Bus Terbakar

Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Selasa (10/5/2022) tercatat lebih dari seribu penumpang tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Selasa (10/5/2022) tercatat lebih dari seribu penumpang tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, untuk bus dengan rute Jabodetabek ke arah Jawa Timur, naik bus angkatan pagi ada beberapa kelebihannya.

“Kalau berangkat pagi, kelebihannya yaitu bisa lihat pemandangan. Kemudian karena sampai tujuannya sore, malamnya jadi bisa istirahat. Lalu servis makannya biasanya pas saat waktu makan siang,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, ketika naik bus angkatan pagi juga ada kekurangannya. Pertama yaitu waktu tempuh biasanya lebih lama. Lalu saat di jalan, kurang bisa beristirahat dengan nyaman dibanding naik bus malam.

Baca juga: Polisi Imbau Segera Blokir Data STNK Setelah Jual Kendaraan


“Kelebihan naik bus di malam hari yaitu waktu tempuh lebih cepat. Waktu berangkatnya juga menyesuaikan dengan jam kerja pada umumnya. Bisa beristirahat lebih nyaman daripada jalan pagi atau siang,” kata Dimas.

Kemudian saat sampai di kota tujuan juga waktunya pas, tidak terlalu pagi dan bisa langsung beraktivitas karena sudah beristirahat di bus. Namun kekurangannya juga ada dari naik bus malam ini, soal servis makan yang terlalu malam, bahkan bisa tengah malam.

“Jadi servis makan sudah lewat dari waktu makan malamnya. Naik bus di malam hari juga pemandangannya tidak ada,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.