Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Naik, Ini Plus Minus Bus AKAP Angkatan Pagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus antar kota pada zaman dahulu biasanya tersedia pemberangkatan sore hari. Mengingat kondisi jalan dari sore menjelang malam cenderung sepi daripada pagi.

Namun saat ini, semenjak hadirnya jalan tol membuat operator mulai menghadirkan bus dengan keberangkatan pagi. Bus yang berangkat pagi tersebut juga kerap disebut dengan angkatan pagi.

Dibanding bus yang berangkat sore, naik bus angkatan pagi punya beberapa kelebihan. Namun, ada juga kekurangan ketika memilih jalan dengan bus dengan jadwal keberangkatan pagi.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, untuk bus dengan rute Jabodetabek ke arah Jawa Timur, naik bus angkatan pagi ada beberapa kelebihannya.

“Kalau berangkat pagi, kelebihannya yaitu bisa lihat pemandangan. Kemudian karena sampai tujuannya sore, malamnya jadi bisa istirahat. Lalu servis makannya biasanya pas saat waktu makan siang,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, ketika naik bus angkatan pagi juga ada kekurangannya. Pertama yaitu waktu tempuh biasanya lebih lama. Lalu saat di jalan, kurang bisa beristirahat dengan nyaman dibanding naik bus malam.

“Kelebihan naik bus di malam hari yaitu waktu tempuh lebih cepat. Waktu berangkatnya juga menyesuaikan dengan jam kerja pada umumnya. Bisa beristirahat lebih nyaman daripada jalan pagi atau siang,” kata Dimas.

Kemudian saat sampai di kota tujuan juga waktunya pas, tidak terlalu pagi dan bisa langsung beraktivitas karena sudah beristirahat di bus. Namun kekurangannya juga ada dari naik bus malam ini, soal servis makan yang terlalu malam, bahkan bisa tengah malam.

“Jadi servis makan sudah lewat dari waktu makan malamnya. Naik bus di malam hari juga pemandangannya tidak ada,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/22/195100615/sebelum-naik-ini-plus-minus-bus-akap-angkatan-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke