Ciri Khas Karoseri Bus Bisa Terlihat dari Bagian Ini

Kompas.com - 22/07/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain bus setiap karoseri memang menjadi ciri khas dan pasti berbeda-beda. Untuk tampilan, memang bagian depan dan samping bus kadang jadi penentu, dibilang keren atau tidaknya.

Tapi sebenarnya, bagian belakang dari bodi bus punya peranan yang lebih penting. Jadi bagian di mana ada lampu belakang sampai knalpot ini tidak bisa dilewatkan saat mendesain bodi bus.

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, zaman sekarang para karoseri bus paham kalau bagian belakang juga sangat menarik untuk diolah.

Baca juga: Peristiwa Bus Terbakar, Bukti Krusialnya Uji KIR

Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Bus AKAP baru PO Rajawali Citra Transport pakai bodi Dehanda Triun DX dari Karoseri Trijaya Union

“Karena bagian belakang lebih lama dilihat oleh pengguna jalan dibanding tampilan depan yang hanya sekilas,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kalau bagian depan bus, hanya terlihat saat sedang berpapasan, itu juga hanya sekilas. Sedangkan kalau bagian belakang, akan lebih lama terlihat jika ada orang yang mengikuti bus maupun saat ingin menyalipnya.

“Peluang ini dimanfaatkan karoseri untuk menyampaikan pesan apapun ke pengguna jalan lain. Misalnya penyampaian desain karakter bus yang sporty, elegan, futuristis, tangguh, nyaman dan lainnya,” kata Deddy.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Truk Tangki BBM di Cibubur, Diduga karena Rem Blong


Selain itu juga bisa menuliskan nama karoseri agar teringat oleh orang yang ada di belakangnya.

Deddy mencontohkan, karoseri Setra misalnya membuat logo “Setra” pada kaca belakang yang cukup mencolok dengan bingkai bentuk diamond yang membuatnya terlihat berkelas.

“Upaya seperti ini yang diikuti oleh beberapa karoseri di Indonesia karena cukup efektif untuk membenamkan branding produk di benak kita,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.