Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasang Wireless Charging di Mobil, Cuma Modal Rp 1,5 Juta

Fitur ini biasanya terletak di bawah head unit atau di konsol tengah, seperti penyimpanan kecil.

Untuk mengaktifkannya pun mudah, pemilik kendaraan cukup menaruh ponsel di atas wadah wireless charging, namun ada juga yang perlu menekan tombol kotak yang berada di sekitar wireless charging.

Setelah ponsel diletakan atau tombol ditekan, indikator lampu warna biru akan muncul menandakan fitur wireless charger aktif. Layar smartphone pun akan memberikan notifikasi battery charging.

Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa dipakai untuk smartphone yang sudah ada sensor Near-field Communication (NFC) dengan wireless charging support.

Fitur wireless charging ini tentu bisa memudahkan pemilik kendaraan yang ingin mengisi daya baterai ponsel tanpa ribet menggunakan kabel.

Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur tersebut, bisa memasang wireless charging aftermarket, seperti yang diniagakan oleh Automania.

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, fitur wireless charger ini bisa dipasang di Toyota Innova Reborn dan Venturer, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, lansiran tahun 2016 hingga sekarang.

Hendra melanjutkan, proses pemasangan memang cukup sulit, karena harus melepas konsol box tengah terlebih dahulu dan merubah posisi lighter ke wireless charging.

“Tapi kabelnya ada dua soket, alias tidak potong kabel. Plug and play,” kata dia.

Bicara soal waktu pemasangan Hendra mengaku hanya butuh waktu satu jam saja. Sementara untuk biayanya berada di kisaran Rp 1,5 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/13/142100115/pasang-wireless-charging-di-mobil-cuma-modal-rp-1-5-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke