Presiden Jokowi Direncanakan Buka Pameran Kendaraan Listrik Periklindo

Kompas.com - 11/07/2022, 18:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan membuka pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang akan digelar pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pasalnya, helatan tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan Presidensi G20, yang mana isu lingkungan menjadi salah satu sektor penting yang dibahas tidak terkecuali kendaraan listrik dan industri pendukungnya.

"Opening ceremony kita turut mengundang Presiden Jokowi, doakan saja Beliau memungkinkan datang karena ini juga berkaitan dengan agenda Kepresidenan G20," kata Project Manager PEVS 2022 Rudi MF di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Sirkuit Ancol Tak Boleh Buat Street Race, Ini Penjelasan Ahmad Sahroni

Helatan PEVS 2022KOMPAS.com/Ruly Helatan PEVS 2022

"Kita sudah berikan undangannya, tapi konfirmasi final itu biasanya H-3," lanjut dia.

Apabila rencana itu benar putus maka PEVS akan mencetak rekor sebagai pameran kendaraan listrik nasional pertama yang dapat mempertemukan industri dan produsen kendaraan listrik, serta dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi.

"Kita juga mengundang pihak G20 untuk hadir di acara ini dan membawa beragam kendaraan listrik yang akan digunakan oleh deligasi nanti," kata Rudi.

Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 itu mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik berkapasitas 80kWh hanya dalam waktu 30 menit.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 itu mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik berkapasitas 80kWh hanya dalam waktu 30 menit.

Diketahui, PEVS 2022 merupakan pameran otomotif yang diinisiasi oleh Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dengan menggandeng Dyandra Promosindo.

Baru digelar kali pertama, PEVS diharapkan menjadi barometer pameran otomotif kendaraan listrik di Tanah Air yang sekaligus jadi sarana edukasi kepada masyarakat.

"Melalui pameran PEVS 2022 diharapkan masyarakat memiliki pandangan yang kuat mengenai industri kendaraan listrik serta memberi pandangan penting terhadap publik bahwa dengan kendaraan listrik, environment dapat kita perbaiki," kata Ketua Umum Periklindo, Moeldoko.

Baca juga: Tiket Pameran Kendaraan Listrik Periklindo Sudah Bisa Dibeli

Press Conference PEVS 2022, Senin (11/7/2022).KOMPAS.com/Ruly Press Conference PEVS 2022, Senin (11/7/2022).

PEVS 2022 diikuti oleh sederet brand roda empat mulai dari passenger car seperti DFSK, Wuling, hingga commercial vehicle seperti Bus MAB hingga line-up Truck Listrik dari Fuso.

Sedangkan dari lini kendaraan roda dua dan kendaraan niaga diikuti oleh Erolis, Nozomi, Rakata, Smoot EV dan Trolis serta brand komponen pendukung kendaraan listrik seperti Birubatt, Fixio dan Oyika hingga sederet produk lokal.

Tidak Ketinggalan, perusahaan BUMN yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga ikut mendukung penuh acara ini sebagai sponsor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.