Sirkuit Ancol Tak Boleh Buat Street Race, Ini Penjelasan Ahmad Sahroni

Kompas.com - 11/07/2022, 16:29 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni memberikan keterangan soal pernyataan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang menyebut ada pihak yang memandang sebelah mata ajang street race.

Pernyataan tersebut disampaikan Fadil ketika menyinggung soal penolakan atas usulannya menggunakan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, untuk pelaksanaan street race selanjutnya.

Untuk diketahui ajang street race merupakan balapan resmi yang diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya dengan tujuan untuk menekan balap liar.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Transmisi Mobil Matik Kehilangan Tenaga

Fastron Enduro Street Racedok. Fastron Fastron Enduro Street Race

"Street race itu banyak orang hanya melihat hobi balap-balapan saja. Itu terlalu sempit, terlalu kecil saudara-saudara," ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya, mengutip Megapolitan Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Dalam keterangan yang diunggah di media sosial Instagram, Sahroni mengatakan, Sirkuit Ancol itu hanya direkomendasikan untuk balap mobil dan tidak untuk balap motor atau roda dua.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Nasional Demokrat itu mengatakan, rekomendasi tersebut sesuai dengan arahan dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA) dan Formula E Operations (FEO).

Baca juga: Tiket Pameran Kendaraan Listrik Periklindo Sudah Bisa Dibeli

 

Sahroni juga mengunggah surat dari Gemma Roura Serra selaku Event Strategic Planning Director & Event Director Jakarta E-Prix FEO kepada Widi Amanasto selaku Presiden Direktur Jakarta Propertindo (Perseroda) alias Jakpro.

"Pak Kapolda Trimakasih atas perhatianya yg Luar biasa kepada pehobi Ngebut2 pd roda 2 yg di DKI jakarta," tulis Sahroni dikutip Senin (11/7/2022).

"Saya Lampirkan surat tersebut dr FEO bahwa Circuit Tersebut Hanya Untuk kendaraan roda 4, Safety First yg di Utamakan Oleh Pihak FEO demikian surat Tersebut untuk menjadi Informasi yg sesuai dengan aturan FIA dan FEO," tulisnya.

Sahroni mengatakan, fasilitas Sirkuit Ancol memang tidak dirancang untuk balapan motor. Untuk itu, jika kepolisian berkenan bisa memakai Sirkuit Sentul yang dekat Jakarta untuk menggelar street race.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Masih Perlukah Cabut Aki agar Tidak Tekor?

Jokowi tiba di Sirkuit AncolKOMPAS.com - Rully Kurniawan Jokowi tiba di Sirkuit Ancol

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.