Pertama Kali Belajar Bawa Motor, Begini Panduannya

Kompas.com - 11/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan belajar mengemudikan kendaraan bermotor, calon pengemudi bisa mengikuti pelatihan di tempat kursus resmi. 

Untuk pengemudi mobil, tempat kursus menyediakan instruktur berpengalaman dan bersertifikasi serta mobil yang dimodifikasi khusus untuk latihan.

Lantas, bagaimana dengan orang yang ingin belajar mengendarakan motor?

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Putar Balik Pakai Sepeda Motor

Kegiatan safety riding dan safety driving yang diinisiasi PNM bersama Jasa RaharjaDok. PNM Kegiatan safety riding dan safety driving yang diinisiasi PNM bersama Jasa Raharja

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan bahwa motor juga memiliki tempat pelatihan resmi yang bisa dikunjungi oleh pengendara sepeda motor.

"Untuk motor, tempat pelatihan yang resmi saat ini adalah yang dimiliki Honda, ada 9 tempat di 9 kota besar yang bisa dikunjungi untuk melakukan pelatihan berkendara," ucap Agus kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Namun, Agus mengatakan bahwa pengendara yang tidak dapat mengunjungi tempat pelatihan bisa belajar mandiri di tempat yang luas.

"Sebenarnya bisa saja belajar di tempat yang cukup luas dan lapang. Yang terpenting adalah, harus mengetahui cara berkendara yang aman," ucap Agus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Baca juga: Charly Van Houten Kecelakaan di Tol Cipularang, Mobil Rusak Parah

Kemudian, pengendara motor juga harus belajar keseimbangan dan melatih buka tutup gas, karena pemula seringkali salah mengoperasikan tuas gas. Selain itu, pemula juga sebaiknya mengetahui dulu cara mendorong motor sebelum mengendarakannya, serta cara menggunakan standar motor yang baik.

Hal-hal ini merupakan pelajaran mendasar yang perlu dipahami pengendara sehingga saat akan mengeoperasikan motor, mereka tidak kebingungan lagi. Misalnya, cara menyalakan dan mematikan motor, mendorong motor saat sedang mogok atau mengalami mati mesin, dan menggunakan standar motor.

Lalu saat memilih lokasi latihan, usahakan juga tempatnya tidak berpasir ataupun berbatu. Pengoperasian tuas gas dan rem yang terlalu keras kerap dilakukan pemula, membuat motor mudah tergelincir di area tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.