Tips Agar Tidak Mengalami Tabrak Belakang di Gerbang Tol

Kompas.com - 08/07/2022, 19:12 WIB


JAKARTA. KOMPAS.com – Kasus kendaraan yang alami kejadian tabrak belakang sering terjadi di jalan tol. Gerbang tol menjadi titik yang paling rentan untuk kendaraan ditabrak dari belakang.

Biasanya, kendaraan besar seperti truk yang langganan kejadian tabrak belakang.
Tentunya hal ini sangatlah merugikan pemilik kendaraan yang harus menggelontorkan dana untuk perbaikan kendaraan yang rusak.

Maka dari itu, penting bagi pengendara yang akan memasuki gerbang tol untuk lebih hati-hati.

Baca juga: Peran Penting Drive Belt pada Mobil, Rawan Putus


Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kasus tabrak belakang di gerbang tol sebenarnya bisa dihindari dengan memperhatikan beberapa hal.

"Pertama jangan salah mengambil gerbang untuk kendaraan besar. Karena risiko akibat tertabrak bisa fatal," kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Walaupun kecepatannya rendah, tetap saja momentum dan beban yang dibawa truk itu besar, efeknya tetap akan merusak kendaraan.

Gerbang Tol Menanggal ruas Tol Waru-Juanda. Ilustrasi tarif Tol Bandara Juanda.PT Citra Margatama Surabaya Gerbang Tol Menanggal ruas Tol Waru-Juanda. Ilustrasi tarif Tol Bandara Juanda.

Belum lagi jika truk dalam kecepatan tinggi dan mengalami rem blong, dampaknya tentu akan lebih mematikan.

"Kedua, dari jauh pilih gerbang tol yang sepi agar tidak terjebak antrean," kata Sony.
Memilih gerbang tol yang sepi, tentu bisa terhindar dari kejadian tabrak belakang. Kemudian ketiga, jangan berlama-lama setelah membayar tol, segera jalan agar terhindar dari kendaraan yang mengalami rem blong dari belakang.

Baca juga: Bolehkah Nama Kita Dipakai buat Kredit Kendaraan Orang Lain?

"Keempat, ketika harus menunggu atau antre, jangan lupa selalu melihat kaca spion belakang dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan," kata Sony.

Lalu, jangan malas untuk melihat kaca spion belakang agar bisa tahu kondisi kendaraan lain di belakang. Kemudian jika terlihat ada tanda-tanda kendaraan yang mengalami rem blong, bisa pindah gerbang tol untuk menghindar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.