Curhat Livio Suppo, Cuma Semusim Bersama Suzuki di MotoGP

Kompas.com - 05/07/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Manager tim Suzuki Ecstar Livio Suppo dapat dikatakan "kena getah." Ketika dia ditarik untuk musim 2022 secara tiba-tiba Suzuki justru mengumumkan hengkang dari MotoGP pada 2023.

Suppo menggantikan posisi Davide Brivio yang hengkang usai musim 2020 dan pindah jadi Direktur Balap Alpine F1 Team di Formula 1. Pada 2021 posisi Brivio dirangkap oleh Project leader Suzuki, Shinichi Sahara.

Baca juga: Kaki-Kaki Mobil Mulai Berdecit, Cek Beberapa Komponen Ini

Meski baru sebentar memimpin Suzuki , mantan bos tim pabrikan Ducati dan Repsol Honda itu mengatakan, Suzuki sudah seperti keluarga. Para pekerja dan kru tim sangat profesional.

Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Ini adalah tim yang sangat profesional dan keluarga," kata Suppo mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (5/7/2022).

Suppo mengatakan, meski ini musim terakhir Suzuki tapi ada secuil hal yang membangggakan. Salah satunya di GP Portugal catatan poin Alex Rins sempat sama dengan Fabio Quartararo.

"Di Portimao kami memimpin klasifikasi tim. Alex memiliki jumlah poin yang sama dengan Fabio. Itu akan menjadi waktu yang tepat untuk pensiun," katanya sambil tertawa.

Baca juga: Hati-hati, Stut Motor Bisa Kena Denda Rp 250.000

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).AFP/ JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

“Kami benar-benar memulai musim dengan sangat baik. Alex dalam kondisi yang baik. Dia adalah pebalap yang sama sekali berbeda dibandingkan tahun lalu,” kata Suppo.

Namun Joan Mir sedikit kesulitan di awal musim. Menurut Suppo hal itu karena karakter Mir yang lama panas. Pebalap asal Spanyol itu baru menunjukkan kehebatannya di pertengahan musim.

"Joan sedikit berjuang. Itu gayanya untuk memulai kejuaraan. Dia lebih suka santai dan kemudian menjadi lebih kuat dari Eropa. Apa yang terjadi kemudian tentu berdampak," kata Suppo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.