Bos Repsol Honda Ungkap Masalah RC213V Ada di Sasis

Kompas.com - 05/07/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Honda secara keseluruhan jauh dari kompetitif. Bukan hanya Repsol Honda, tapi juga dengan LCR Honda.

Honda disebutkan sedang mengalami keterpurukan. Dengan pebalap utamanya, Marc Marquez, masih dalam masa penyembuhan dan absen balapan. Ditambah lagi, Pol Espargaro juga mengalami cedera.

Baca juga: Joan Mir Masih Malu-malu Ingin Pindah ke Repsol Honda

Pada MotoGP Belanda, pebalap terbaik Honda adalah Takaaki Nakagami. Tapi, itu pun finis di luar sepuluh besar, tepatnya posisi ke-12. Sedangkan Alex Marquez, hanya sanggup finis di urutan ke-15.

Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022BAY ISMOYO Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022

Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig, mengatakan, rencananya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Namun, dia yakin kondisi ini tidak akan bertahan lama dan berharap Honda akan kembali ke hasil yang biasa diraih.

"Menurut saya, kami tidak melakukan apa yang seharusnya kami lakukan, karena kami belum mendapatkan jawaban dari masalah yang ada. Kami akan mencoba memperbaiki masalah dan bangkit lagi," ujar Puig, dikutip dari Motosan.es, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Pilihan Pol Espargaro jika Terlempar dari Repsol Honda

Puig mengatakan, masalah dari RC213V ada pada sasisnya. Menurutnya, timnya masih belum memahami sasis tersebut sepenuhnya.

Takaaki Nakagami saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Takaaki Nakagami saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Sebelumnya, Stefan Bradl juga menyebutkan bahwa masalah RC213V ada di sasis dan swingarm. Teknisi Honda juga sudah banyak melakukan eksperimen, tapi belum ada yang benar-benar berhasil.

"Swingarm dan sasis adalah dua hal utama di mana kami harus memulainya. Tapi, kami tidak tahu di arah mana kami harus mengembangkannya. Kami harus mencoba update yang berbeda dan memilahnya," kata Bradl.

Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Saat ini, di klasemen konstruktor, Honda ada di peringkat terakhir atau keenam, dengan total 85 poin. Sedangkan pada klasemen tim, Repsol Honda Team dan LCR Honda, ada di peringkat kesembilan dan kesepuluh.

Untuk klasemen pebalap, Marquez masih jadi yang terbaik dengan berada di peringkat ke-13 dengan 60 poin. Sedangkan Pol, ada di peringkat ke-17 dengan 40 poin. Nakagami ada di peringkat ke-16 dan Alex di peringkat ke-18.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.