Kompas.com - 04/07/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan mobil harian, pada mobil koleksi atau kesayangan, sebagian pemilik akan jarang mengendarainya. Sehingga, ban yang usianya sudah bertahun-tahun, tapi belum mengalami keausan.

Dalam kondisi tersebut, banyak orang yang beranggapan bahwa ban mobil memiliki masa kedaluwarsa. Sehingga, meskipun kondisi kembangan ban masih tebal, tapi usianya sudah patut untuk diganti.

Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar. Sebab, ban mobil sebenarnya tidak memiliki masa kedaluwarsa.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memeriksa Tekanan Udara Ban Mobil yang Benar

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, proses pembuatan ban menggunakan material dasar karet alam dan sintetis, serta puluhan komponen benar-benar matang. Sehingga, dapat dipastikan tidak bisa basi.

Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight

Ban mobil bukan seperti makanan yang memiliki masa kedaluwarsa, jadi tidak bisa disamakan,” ujar Zulpata, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Zulpata menambahkan, mengenai angka-angka pada dinding ban, angka tersebut bukan merujuk pada periode waktu yang menandakan masa pakainya. Dia menjelaskan, kode tersebut menandakan soal kapan produk tersebut diproduksi, bukan masa kedaluwarsanya.

“Kode produksi tersebut terkait beragam hal, seperti dibuat pada minggu ke berapa dan pada tahun berapa. Hal ini berguna bagi perusahaan untuk melakukan pelacakan bila terjadi sesuatu, seperti cacat produksi dan lain sebagainya,” kata Zulpata.

Baca juga: Injak Rem Saat Ban Mobil Pecah adalah Kesalahan Fatal

Terkait perubahan material karet menjadi keras atau getas setelah pemakaian beberapa tahun, menurut Zulpata, hal tersebut wajar saja. Sebab, saat ban dipakai terus-menerus, akan terkena friksi dan, terkena suhu yang berubah-ubah.

Pelek BMW 530i Touring M SportKompas.com/Donny Pelek BMW 530i Touring M Sport

“Faktornya bisa karena beragam hal, mulai dari cara menyimpan yang tidak benar sampai masalah eksternal lainnya,” ujarnya.

Namun, bagi yang tetap merasa tidak nyaman dan ingin mengganti ban mobil kesayangannya, berikut ini kisaran harga ban mobil per Juli 2022, yang diambil dari berbagai sumber:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.