Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Beberapa Spesifikasi Oli Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik beredar luas di kalangan masyarakat karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Agar transmisi matik awet maka sebagai pemilik perlu rajin melakukan perawatan transmisi, terutama melakukan penggantian oli transmisi.

Berhubung jenis transmisi ini banyak, dan setiap jenis transmisi memiliki spesifikasi berbeda-beda, maka di pasaran beredar berbagai macam oli transmisi. Untuk oli matik konvensional saja bisa ditemukan berbagai jenis oli matik.

Pemilik Worner Matic Spesialis Transmisi Matic, Hermas Efendi Prabowo mengatakan, penggantian oli matik harus disesuaikan dengan spesifikasi transmisi pada mobil tersebut tidak bisa dipukul rata.

“Oli AT juga banyak macamnya, sesuai spesifikasi pada transmisinya. Banyak kasus orang salah mengisi oli matik,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Dia mengatakan perlu waspada dalam memilih bengkel untuk melakukan penggantian oli matik, karena tidak semua bengkel benar-benar kompeten dan memperhatikan spesifikasi olinya.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan bukan merek yang menjadi patokan, tapi spesifikasi transmisinya itu sendiri, ada dexron 1 sampai dexron 4 dan banyak lagi.

“Spesifikasi oli transmisi itu banyak sekali macamnya, karena mengikuti teknologi transmisi itu sendiri. Ada dexron 1 sampai dexron 4, matic-S, matic-D dan matic-J dan lain sebagainya, yang biasanya memiliki nama yang berbeda-beda pada setiap produsen mobil,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Dia mengatakan spesifikasi tersebut penting, karena ada hubungannya dengan performa kendaraan dan keawetan komponen transmisi, khususnya matik.

Perlu diketahui juga bahwa spesifikasi oli matik tersebut juga diterapkan pada oli matik aftermarket. Sehingga, wajar saja bila banyak bengkel spesialis menyediakan berbagai macam oli matik mulai dari merek dan spesifikasinya.

Sehingga, memang benar perlu memilih bengkel yang kompeten di bidang transmisi agar oli yang diisikan ke transmisi mobil Anda tepat, sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan transmisi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/03/114100915/kenali-beberapa-spesifikasi-oli-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke