Bahas Ornamen Selendang, Penunjang Tampilan Bus

Kompas.com - 01/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ornamen penting pada desain bus bisa diihat dari profil samping bodi. Biasanya di kaca samping, di atas pintu depan kerap terlihat ada ornamen bodi yang bentuknya cukup menarik, biasanya disebut dengan selendang.

Setiap karoseri pembuat bodi bus punya desainnya masing-masing untuk ornamen selendang. Jadi dengan melihat selendang, menampilkan ciri khas dari karoseri pembuatnya, ada yang elegan, tegas, dan masih banyak lagi.

Manager Design Karoseri Laksana Kusririn mengatakan, desain selendang yang bagus dan proporsional dapat menguatkan dan menambah nilai tampilan dari samping.

Baca juga: Momen Unik Cara Mengangkut Motor di Atap Bus, Butuh 8 Orang

Bus AKAP baru PO Sempati StarDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Sempati Star

"Dengan desain selendang yang menyatu dan harmonis secara keseluruhan tampilan (bodi bus) akan menjadi daya tarik yang benar-benar bisa mengubah style market yang ada," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (30/6/2022)

Jadi dari selendang saja sudah bisa memberi tren kepada karoseri lain mengenai gaya desain bus. Selain itu, menurut Kusririn, selendang bisa menjadi nyawa dari bodi bus, memberi rasa kuat pada desainnya.

Baca juga: Gemar Konsumsi Pertalite, Ini Dampaknya buat LCGC


"Desain selendang yang kurang bagus juga bisa 'mematikan' karakter desain bus itu sendiri," ucap Kusririn.

Oleh karena itu, selendang di desain sebagai pelengkap atau menjadi nilai tambah dari desain keseluruhan. Namun jika modelnya sembarangan, malah terkesan aneh dan terasa terhubung dengan desain keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.