Tertangkap ETLE Mobile Polisi, Begini Cara Bayar Dendanya

Kompas.com - 01/07/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menyatakan sudah ada tiga wilayah Kepolisian Daerah (Polda) yang menerapkan penindakan hukum berbasis elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) Moble menggunakan ponsel.

Langkah tersebut dilakukan dalam upaya memaksimalkan penindakan terhadap seluruh pengendara yang melanggar lalu lintas di tempat-tempat yang belum terdapat ETLE statis.

Dikatakan Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho, ponsel yang digunakan petugas sudah dilengkapi perangkat khusus yang terhubung dengan database bagian urusan menanggulangi pelanggaran lalu lintas.

Baca juga: Simak Pelanggar Lalu Lintas yang Disasar Tilang Elektronik Ponsel

Ilustrasi ETLE mobileNTMC Polri Ilustrasi ETLE mobile

Sehingga memungkinkan hasil gambar pelanggaran yang ditangkap dari ETLE mobile bisa secara otomatis akan langsung terkirim ke bagian back office.

Lantas bagaimana mekanisme pembayaran denda bagi para pelanggar yang tertangkap kamera ETLE Mobile?

Betty menjelaskan, proses penilangan ETLE menggunakan ponsel ini pada dasarnya sama saja dengan ETLE biasa.

Maka, pembayaran dendanya pun demikian. Setelah pengendara terkait mengkonfirmasi laporan berita dari polisi bersangkutan, dalam waktu tertentu segera tuntaskan kewajiban itu.

Surat konfirmasi tersebut, dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan setelah maksimum tiga hari pengendara melanggar aturan lalu lintas.

Baca juga: Kesalahan yang Jadi Kebiasaan, Bonceng Motor Lebih dari 1 Orang

Petugas kepolisian hendak mencetak surat konfirmasi tilang usai memverifikasi gambar hasil tangkapan kamera tilang elektronik atau ETLE, Selasa (5/4/2022) di gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.KOMPAS.com/Tria Sutrisna Petugas kepolisian hendak mencetak surat konfirmasi tilang usai memverifikasi gambar hasil tangkapan kamera tilang elektronik atau ETLE, Selasa (5/4/2022) di gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Surat konfirmasi e-tilang itu berisi rincian nama pemilik kendaraan, foto atau bukti pelanggaran tilang elektronik, jenis pasal yang dilanggar, alamat pemilik, jenis kendaraan, dan masa berlaku kendaraan.

Pada surat konfirmasi juga tertera jadwal klarifikasi pemilik kendaraan ke unit ETLE masing-masing Polda. Kemudian, pelanggar diberi waktu 8 hari untuk konfirmasi melalui website https://etle-pmj.info/id.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.