Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Beli Pertalite Dibuka Hari Ini, Catat Syaratnya

Kompas.com - 01/07/2022, 07:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai hari ini (1/7/2022), Pertamina resmi membuka pendaftaran uji coba penyaluran Pertalite dan Solar kepada masyarakat melalui situs MyPertamina.

Registrasi dilakukan sebagai bentuk pendataan, dan bila telah diverifikasi masyarakat akan mendapatkan QR Code sebagai akses untuk membeli Pertalite dan Solar di SPBU.

Proses pendaftaran hanya dilakukan via situs subsiditepat.mypertamina.id. Bagi yang ingin mendaftar, jangan lupa menyiapkan beberapa dokumen, seperti :

- KTP
- STNK
- Foto kendaraan
- Alamat email
- Dokumen lain sebagai pendukung

Baca juga: Belum Terima QR Code, Apakah Masih Bisa Beli Pertalite dan Solar?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila semua terpenuhi, pendaftar akan mendapatkan QR Code yang dikirimkan via alamat email atau melihat langsung di situs MyPertamina.

Proses pencocokan data maksimal dilakukan selama tujuh hari kerja. Namun jangan khawatir, pasalnya meski belum mendapatkan QR Code, masyarakat tetap dapat membeli kedua BBM subsidi tersebut seperti biasa.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Pertamina (Persero) (@pertamina)

 

"Dimulai pada 1 Juli pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar, namun kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dalam keterangan resminya, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Masih Banyak Pelaku Lane Hogger di Jalan Tol Belum Sadar Bahaya

Bila sudah mendapatkan QR Code, nantinya masayarakat cukup menunjukkan dari ponsel atau dengan membawa print-out-nya saja.

Ilustrasi beli Pertalite dan Solar dengan QR CodePERTAMINA Ilustrasi beli Pertalite dan Solar dengan QR Code

Irto menjelaskan, semua proses pendaftaran dilakukan melalui situs, bukan dari aplikasi MyPertamina. Dengan demikian, masyarakat tak perlu repot untuk mengunduhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com