Motor Custom Modifikasi Setang Cuma Satu Tangan

Kompas.com - 30/06/2022, 18:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi merupakan hal lumrah yang dilakukan pemilik sepeda motor. Namun batasan modifikasi cukup cair, sehingga kadang pemilik melakukan ubahan yang terbilang ekstrem.

Seperti tampak dalam video yang diunggah akun Instagram kustomindonesia, memperlihatkan modifikasi setang yang tidak biasa, di mana setangnya hanya punya satu pegangan untuk tangan kanan.

Melihat nama akunnya diduga kuat motor yang dikendarai itu berjenis chopper dan memang lekat dengan dunia custom. Adapun konsep custom yakni membangun motor sesuai karakter pemilik.

Baca juga: Motor China Kloning Mesin V-Twin Harley-Davidson

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sebetulnya sah memodifikasi apapun termasuk setang. Tapi modifikasi yang baik ialah yang mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan.

“Kecuali untuk spesial event seperti balap dan display, sah saja. Namun, ubahan setang tadi sudah tidak sesuai dengan kebutuhannya, jadi rawan hilang keseimbangan,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony mengatakan, motor harian harus memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan kenyamanan agar pengendara bisa tetap fokus. Karena itu jika berkaca pada setang motor keluaran pabrikan semua faktor diperhitungkan.

Baca juga: Injak Rem Saat Ban Mobil Pecah Adalah Kesalahan Fatal

Fungsi jalu di setang motor.indonesiautosblog.com Fungsi jalu di setang motor.

“Usahakan posisi grip setang tidak boleh berbeda jauh letak, posisi, lebar, dan materialnya sehingga riding position tidak berubah. Tapi, kalau cuma untuk gaya saja, terlalu merepotkan, mending urungkan saja,” kata Sony.

Sony mengingatkan, jangan menganggap remeh modifikasi sekecil apa pun yang dapat mengganggu keamanan, keseimbangan, dan kesehatan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, bahkan cara memegang setang biasa yang salah saja berisiko terhadap kurangnya antisipasi jika terjadi sesuatu di jalan raya apalagi jika cuma satu.

"Jadi cara seseorang memegang kemudi itu untuk menjaga keseimbangan dengan baik. Selain itu, agar pengendara lebih mudah dalam melakukan manuver," kata Agus.

Baca juga: Honda Sebut Performa Pebalap Melorot Usai GP Indonesia

Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendaraAMY Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara

Agus mengatakan, pengendara sebaiknya meletakkan ibu jari di bagian bawah  grip dan telapak tangan menghadap ke bawah, supaya ketika ada gangguan seperti jalan rusak atau berlubang pegangan lebih kuat.

Jika memegang throttle gas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari berada di atas handle, dikhawatirkan saat ada lubang atau jalanan rusak pegangan kemudi akan terlepas.

Apalagi jika jalan yang dilewati licin, jika tidak kuat pada saat memegang setang, bisa saja tidak siap bermanuver sehingga terjadi kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.