Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan asal China terkenal karena kerap menjiplak tampilan motor dari merek lain. Tapi kali ini sedikit berbeda, Shineray, melansir mesin motor yang mirip mesin Harley-Davidson's Evolution.

Seperti diketahui, mesin V-Twin 45 derajat merupakan trademark H-D. Desain H-D Evolution V-twin sudah dipakai di H-D Sportster sejak 1986 dan akhirnya ikut berevolusi karena H-D mengeluarkan Sportster S 2021.

Baca juga: Menjajal Fitur Andalan T Intouch dan TSS pada Toyota Veloz

Shineray, melansir mesin motor yang mirip mesin Harley-Davidson's Evolution V-twin.Foto: Greatbiker Shineray, melansir mesin motor yang mirip mesin Harley-Davidson's Evolution V-twin.

Mengutip Rideapart, Shineray dari luar kemiripan mesin ini terlihat dari arsitektur mesin 45 derajat, sirip pendingin di blok mesin hingga penutup rocker. Kemudian penutup pushrod krom hingga lokasi filter oli mirip mesin H-D.

Mesin Shineray berkapasitas 1.200cc juga mendukung empat camshaft yang menggerakkan masing-masing satu katup berkat pushrod yang dipasang di kanan. Namun kinerjanya belum mampu menyaingi Evo.

Mesin V-Twin Shineray 1.200cc V-twin dengan rasio kompresi 9,1:1 menghasilkan 60 tk dan torsi 66,4 lb-ft. Sedangkan Evo 1.200cc Forty-Eight dengan rasio rasio kompresi 10:1 menghasilkan 67 tk dan torsi 73 lb-ft.

Baca juga: Keren, Kini Google Maps Bisa Cek Tarif Tol

Harley Davidson di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi Harley Davidson di GIIAS 2019

Shineray sebelumnya membeli merek motor asal Italia SWM dan merilis mesin V-twins berpendingin cairan, 350cc, 550cc, 850cc, dan 1.200cc. Karena itu mesin ini mesin baru karena V-Twin 1.200cc berpendingin udara.

Shineray belum melansir motor apa yang bakal memakai mesin ini. Sayangnya diprediksi mesin ini tidak akan masuk Eropa karena regulasi uji emisi di benua biru sekarang sudah Euro 5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com