Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahap Awal, 5 Provinsi Ini Wajib Daftar untuk Beli Pertalite dan Solar

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina bakal memulai uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, bagi konsumen yang berhak dan sudah terdaftar di sistem MyPertamina pada 1 Juli 2022.

Artinya, masyarakat pengguna kendaraan yang ingin membeli Solar dan Pertalite nantinya tak bisa sembarang, karena harus melakukan registrasi dulu pada situs MyPertamina.

Namun demikian, pada tahap awal pelaksanaan uji coba pembelian Pertalite dan Solar tak langsung dilakukan secara serentak, tapi hanya di beberapa kota dan kabupaten.


"Iya, jadi awal Juli nanti baru ada beberapa kota dan kabupaten di 5 provinsi dulu. Untuk daerah lain akan segera menyusul," ucap Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting, kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Untuk lima provinsi yang dimaksud di antaranya, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Sementara ketika ditanya kriteria kendaraan yang nantinya boleh membeli BBM subsidi, Irto mengatakan, untuk Solar sudah ada ketentuannya, sementara Pertalite masih menunggu hasil revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014.

"Untuk kendaraan Pertalite, kriteria masih terbuka, pararel menunggu revisi dari Perpres 191/2014. Namun demikian, kami imbau agar pengguna kendaraan bisa menyesuaikan BBM-nya dengan spek yang disyaratkan pada buku manual," ucap Irto.

"Sementara untuk roda empat ke atas, tapi kami harapkan nanti pada revisi Perpres ada kriteria yang lebih jelas," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pihaknya akan membuka situs resmi pendaftaran untuk penyaluran pembelian Solar dan Pertalite pada 1 Juli mendatang.

Masyarakat yang merasa berhak, bisa melakukan pendaftaran dan menunggu hasil konfirmasi setelah dilakukan pengecekan terkait kendaraan dan identitasnya.

"Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," kata Alfian dalam keterangan resminya, Senin (27/6/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/28/105100615/tahap-awal-5-provinsi-ini-wajib-daftar-untuk-beli-pertalite-dan-solar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke