Subaru Forester STI Sport Meluncur, Diklaim Selincah Sedan Sport

Kompas.com - 28/06/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi kelima Subaru Forester sudah resmi diluncurkan di Indonesia. Belum lama ini, Subaru kembali memberikan penyegaran dengan versi STI Sport.

Untuk diketahui, Subaru Tecnica International (STI) merupakan divisi motorsport dari Subaru. Divisi ini yang melakukan peningkatan performa pada model Subaru.

Baca juga: Seberapa Nyaman Kabin All New Subaru Forester?

Dikutip dari Carscoops.com, Selasa (28/6/2022), Forester mendapat peningkatan pada sisi eksterior dan bagian suspensi. Untuk suspensinya, mobil ini sudah dilengkapi dengan damper dari Hitachi Asterno SFRD yang disetel oleh STI.

Subaru Forester STI SportDok. Carscoops.com Subaru Forester STI Sport

Dengan setelan tersebut, Subaru mengklaim kemampuan berkendara Forester kini tak jauh berbeda dengan sedan sport. Meskipun, Forester merupakan SUV yang memiliki pusat gravitasi yang tinggi.

Sedangkan dari eksteriornya, Subaru menyematkan emblem STI berwarna merah pada bagian grille dan pintu belakang. Emblem ini sudah cukup meyakinkan para penggemar Subaru akan peningkatan yang dilakukan.

Subaru Forester STI SportDok. Carscoops.com Subaru Forester STI Sport

Baca juga: Uji Performa dan Konsumsi BBM All New Subaru Forester di Aspal dan Tanah

Bagian interior juga masih sama seperti tipe standar. Sedikit detail pada bagian headrest dengan emboss STI. Interiornya banyak dilapisi dengan kulit Bordeaux dan Nappa. Meskipun terlihat sporty dari luar, tapi dalamnya terkesan mewah dan elegan.

Subaru Forester STI SportDok. Carscoops.com Subaru Forester STI Sport

Sayangnya, dari segi performa tidak ada perubahan sedikit pun. Namun, mesin yang digunakan berbeda dengan yang ada di Indonesia. Forester di Jepang mengandalkan mesin turbo 1.8 L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 175 tk dan torsi 300 Nm.

Mesinnya dipadukan dengan transmisi CVT dan sistem penggerak roda All-Wheel-Drive (AWD).

Subaru Forester STI SportDok. Carscoops.com Subaru Forester STI Sport

Subaru Forester STI Sport rencananya hanya akan dipasarkan di Jepang. Mobil ini baru diluncurkan pada 25 Agustus 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.