Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Masih Bisa Raih Poin Penting Meski Kesulitan di Assen

Kompas.com - 27/06/2022, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Gresini Racing mengalami kesulitan untuk bisa lebih kompetitif pada MotoGP Belanda. Meski demikian, keduanya masih bisa meraih poin.

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio hampir berhasil finis sepuluh besar. Sayangnya, Ducati Desmosedici GP21 sulit didapat setelah yang tepat untuk bisa menaklukkan Sirkuit Assen.

Bastianini akhirnya finis di posisi ke-11 dan rekan setimnya, yang akrab disapa Diggia, finis di posisi ke-14. Namun, keduanya masih bisa mendapat tambahan poin penting untuk klasemen sementara MotoGP 2022.

Baca juga: Alex Marquez Resmi Gabung dengan Gresini Racing di MotoGP 2023

Bastianini tak menampik bahwa balapan kali ini sangat sulit untuk bisa bertarung dengan pembalap di depan. Padahal, dia sudah merasa bagus saat FP4 dan saat sesi warm up jelang balapan.

Kedua pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Gresini Racing Kedua pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

"Kemudian, pada saat balapan ada yang kurang ketika berbelok ke kanan. Kami harus memahaminya, dan tetap positif. Saatnya beristirahat sejenak dan bersiap untuk kembali di Silverstone dengan tujuan pasti, kembali menjadi yang terbaik, dan saya yakin kami bisa melakukan dengan baik di Inggris nanti,” jelas Bastianini, dalam keterangan resminya.

Sementara Diggia, lebih menganggap banyak hasil positif didapat usai hadapi MotoGP Belanda. Meskipun balapannya begitu berat, dia masih bisa finis meraih tambahan poin, dan bisa dibilang mengendarai motor jauh lebih baik dibanding saat sesi latihan.

Baca juga: Gresini Racing Tetap Targetkan Poin Maksimal di MotoGP Belanda

“Tapi sayangnya getaran begitu besar di bagian depan motor di paruh kedua balapan, hal ini menjadi kendala terbesar kami,” kata Diggia.

Kedua pebalap Gresini Racing saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022Dok. Gresini Racing Kedua pebalap Gresini Racing saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022

Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, dirinya sangat memahami kekecewaan para pebalap akibat terkendala kurang bersahabatnya Ducati Desmosedici GP21 dengan sirkuit Assen kali ini.

“Setidaknya kedua pebalap mampu finis lebih baik dari posisi start mereka, dan bisa membawa pulang tambahan poin dalam perebutan titel Juara Dunia MotoGP 2022. Meski dengan keterbatasan performa, dan keseimbangan motor mereka bisa tetap bikin bangga para penggemar MotoGP di Indonesia,” ujar Sri Adinegara.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022

Sri Adinegara berharap di seri berikutnya pada MotoGP Inggris, kedua pebalap bisa kembali kuat dalam perebutan titel Juara Dunia MotoGP 2022.

“Semoga jeda balapan dan rehat penuh selama bulan Juli nanti bisa dimanfaatkan oleh kedua pembalap, dan juga tim dengan baik untuk bisa kembali tampil kuat hadapi paruh musim di GP Inggris pada 7 Agustus mendatang,” katanya.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022TINO MARTINO Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022

Posisi klasemen sementara saat ini, Bastianini berada di peringkat kelima dengan torehan 106 poin. Sedangkan Diggia, sudah mengumpulkan 18 poin dan berada di peringkat ke-20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com