Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Kabin Lebih Mewah Ada di Dek Bawah Bus Tingkat

Kompas.com - 24/06/2022, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus tingkat memiliki dua dek, ada di bawah dan atas. Biasanya PO melakukan pembedaan kelas untuk di lantai satu dan dua, namun umumnya dek yang ada di bawah kelasnya lebih mewah.

Misalnya di dek bawah bus tingkat terbaru PO Borlindo, diisi dengan bangku sleeper atau selonjoran. Sedangkan di dek atas, menggunakan bangku biasa yang disusun 2-1 dan 2-2.

Begitu juga di bus tingkat milik PO Rosalia Indah, di dek bawah ada first class yang pakai bangku selonjoran dan kelas super eksekutif dengan bangku lebar. Untuk dek atas, bangku yang digunakan lebih kecil untuk kelas eksekutif.

Baca juga: Saat Sewa Bus Pariwisata, Wajib Perhatikan Waktu Istirahat Pengemudi

Bus AKAP baru PO Sinar JayaDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, penentuan kelas bus yang lebih mewah punya beberapa pertimbangan, salah satunya soal kenyamanan penumpang.

“Pertama, dek bawah diisi lebih sedikit penumpang, jadi terasa lebih eksklusif. Kedua, penumpang tidak perlu repot turun-naik tangga,” kata Dimas saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dimas menambahkan, duduk di dek bawah bus tingkat memiliki efek body roll yang lebih minim dibanding di atas. Sehingga penumpang jadi lebih nyaman ketika naik bus melewat jalan yang berkelok-kelok.

Baca juga: Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina Dimulai Agustus 2022?


Kemudian duduk di bawah juga aksesnya lebih mudah, tidak perlu repot naik tangga. Namun memilih duduk di lantai bawah atau atas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika duduk di dek bawah, posisinya lebih rendah, jadi kurang bisa menikmati pemandangan. Lebih cocok untuk orang yang ingin beristirahat.

Sedangkan duduk di dek atas, pemandangannya lebih luas karena posisi yang lebih tinggi apalagi jika duduk di hot seat. Namun kekurangannya yaitu lebih silau karena terik matahari kalau bus jalan saat siang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com