Toyota Recall 2.700 Unit Mobil Listrik bZ4X

Kompas.com - 24/06/2022, 12:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Motor Corporation berencana untuk menarik 2.700 unit mobil listrik produksi massal pertamanya, Toyota bZ4X, untuk pasar global karena risiko roda bisa lepas.

Dilansir dari Reuters (24/6/2022), dari 2.700 kendaraan, 2.200 diperuntukkan untuk Eropa, 260 untuk Amerika Serikat, 10 untuk Kanada dan 110 untuk Jepang.

Selain Toyota, Subaru Corporation juga mengatakan bahwa pihaknya secara global menarik sekitar 2.600 unit Solterra, kendaraan listrik pertamanya yang dikembangkan bersama dengan Toyota, untuk alasan yang sama.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

Regulator keselamatan di Jepang mengatakan, tikungan tajam dan pengereman mendadak dapat menyebabkan baut hub kendor, yang meningkatkan risiko roda terlepas dari kendaraan.

Meski begitu, saat ini disebutkan belum ada kecelakaan yang disebabkan oleh cacat tersebut. Pihak berwenang di Jepang menyarankan pengemudi untuk berhenti menggunakan kendaraan sampai ada tindakan perbaikan.

Sebagai informasi, semua mobil yang ditarik di Jepang belum dikirim ke pelanggan karena dimaksudkan untuk test drive dan dipajang.

Baca juga: Honda Tebar Lagi Bocoran ADV 160, Fix Pakai Mesin eSP+

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Kami akan memperbaikinya sesegera mungkin, tetapi kami sedang menyelidiki detailnya." tulis pernyataan Toyota dalam situs resminya.

Sementara itu, seorang juru bicara Toyota mengatakan tidak setiap model mendapat recall. Namun ia menolak untuk mengatakan berapa banyak yang telah dibuat secara keseluruhan.

Hal yang sama juga terjadi pada Subaru, di mana sebagian besar kendaraan untuk diler dan tidak ada yang dikirim ke pelanggan di AS.

Untuk diketahui, kampanye penarikan kembali ini terjadi kurang dari dua bulan setelah Toyota meluncurkan mobil listrik tersebut. Saat ini, Toyota baru menawarkan bZ4X ke pasar lewat opsi sewa dengan KINTO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.