Kompas.com - 22/06/2022, 18:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini sebagian wilayah di Indonesia dilanda intensitas hujan sedang sampai tinggi. Bagi pengemudi yang melintasi jalan tol harus mewaspadai kondisi hujan.

Kendati dikenal sebagai jalan bebas hambatan,melaju di jalan tol dengan kecepatan minimal 60 kpj akan lebih banyak risiko terjadi kecelakaan. Ditambah lagi saat hujan kondisi jalan basah dan angin besar menerpa kendaraan.

Baca juga: Jangan Abai, Ini Pentingnya Memakai Sabuk Pengaman Saat Berkendara

"Mengemudi di jalan tol terutama pada saat hujan ada banyak faktor yang bisa saja mengakibatkan kecelakaan, jarak pandang yang terbatas, kondisi jalan yang licin, dan masih banyak lagi," kata Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri menyarankan agar saat hujan pengendara menerapkan beberapa antisipasi yang dapat dilakukan pengemudi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Yang harus dilakukan antara lain mengurangi kecepatan, karena pada saat kondisi hujan jalan akan menjadi licin. Daya cengkram ban terhadap jalan pada saat kondisi hujan juga akan berkurang," kata Jusri.

Kemudian lakukan pengecekan kondisi ban saat akan memulai perjalanan (pre tire inspection) seperti tekanan angin pada ban, tingkat keausan, hingga tanggal kadaluarsa pada ban.


Lalu pada saat mengemudi, pengemudi juga harus memperhatikan jarak aman mengemudi dengan kendaraan di depannya (Safe following distance). Karena pada saat terjadi hujan deras, visibilitas pengemudi juga akan menurun akibat guyuran hujan.

Jarak aman dengan kendaraan di depan juga berpengaruh pada jarak aman pengereman yang dapat dilakukan oleh pengemudi. Jika jarak dengan kendaraan di depan aman, maka pengereman yang dilakukan juga tidak terlalu keras.

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengencangkan Mur Roda Mobil dengan Cara Ini

"Saat kondisi hujan, jarak pandang pengemudi semakin sedikit. Jarak pengereman aman juga harus diperhatikan. Dalam kondisi hujan sistem pengereman juga ada kemungkinan terganggu oleh berbagai faktor," kata Jusri.

Antisipasi terakhir yang bisa dilakukan yakni menghindari genangan air yang ada di jalan. Terkadang pada saat hujan, ada sebagian permukaan jalan yang tergenang air.

Sebaiknya hindari bagian ini karena bisa berpotensi mengganggu keseimbangan kendaraan. Selain itu menerobos genangan air akan masuk ke bagian mesin dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada kendaraan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.