Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

Kompas.com - 21/06/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Sirion facelift resmi meluncur di Indonesia. Beda dari sebelumnya, selain makin sporty, city car asal Malaysia ini juga sudah dibekali sistem transmisi Dual Mode Continuosly Variable Transmission (D-CVT).

Bahkan, saat ini Daihatsu tak lagi memasarkan transmisi manual untuk Sirion. Dua tipe terbarunya sama-sama dihadirkan dengan pilihan D-CVT yang serupa dengan Rocky dan All New Xenia.

Otomatis hadirnya Sirion facelift langsung memberikan perlawanan bagi kompetitornya, yakni Honda Brio RS, yang selama ini menjadi satu-satunya city car dengan transmisi CVT.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Hyundai Stargazer Rp 5 Juta

Brio UrbaniteKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Brio Urbanite

Saat sesi peluncuran, alasan Daihatsu menghadirkan pilihan transmisi D-CVT rupanya diuanggap lebih sesuai dengan kebutuhan dan untuk memberikan keuntungan bagi calon penggunanya dari sisi efisiensi bahan bakar.

"Kalau CVT dibandingkan AT lebih irit CVT, karena kalau di putaran tinggi dia (Sirion) kerja mesinnya tidak terlalu berat. Sekitar 5 persen, 2-5 persen (lebih irit)," ucap Executive Coordinator Head of Product I Department PT ADM Dendy Triyanto.

 

Bicara soal perbandingan Sirion facelift dan Brio RS, dari segi tampilan bisa dibilang keduanya sama-sama memiliki visual yang sporty. Tinggal masalah selera saja.

Baca juga: Jangan Asal, Pahami Arti Angka dan Huruf Tuas Transmisi Matik

Transmisi D-CVT SirionADM Transmisi D-CVT Sirion

Namun demikian, Honda memiliki varian Brio yang lebih kental aura agresifnya, yakni Urbanite Edition, yang sudah menggunakan bodykit bawaan pabrik.

Datang sebagai sebuah city car, baik Daihatsu Sirion dan Honda Brio, memiliki sisi kelapangan kabin yang cukup baik.

Namun dari pengalaman redaksi yang sudah menjajal keduanya, boleh dibilang Sirion sedikit lebih unggul.

Untuk performa, Honda membekali Brio RS dengan mesin 1.200 cc i-VTEC yang mampu mengolah tenaga hingga 90 ps atau 88,7 tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.800 rpm.

Baca juga: Simulasi Kredit SUV Medium, Honda New CR-V Mulai Rp 8 Jutaan

Brio RS UrbaniteKompas.com/ApridaMegaNanda Brio RS Urbanite

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.