Kompas.com - 22/06/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Anggapan mobil lebih awet saat jarang dipakai, rupanya tak sepenuhnya benar.

Pasalnya, dengan posisi mobil yang hanya diam, apalagi dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat kerusakan pada beberapa komponen.

Bahkan, tak jarang komponen yang mengalami kerusakan justru yang cukup vital. Dampaknya, tentu justru malah merugikan pemilik mobil.

"Penyakit umum mobil jarang pakai aki tekor karena sistem pengisian kekurangan daya listrik. Mobil diam selama sebulan saja bisa gagal starter," ucap Paska Estu Wicaksono, Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang, kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022). 

Baca juga: Bocoran Mobil Baru, Honda Masih Simpan Informasi

Ilustrasi ban mobilDok. Autoindustriya.com Ilustrasi ban mobil

Tak hanya soal aki, menurut Paska, mobil yang kelamaan parkir ternyata bisa menyebabkan ban mobil benjol. Karena jarang digunakan tapak alur ban habisnya tidak rata. 

"Isi tekanan udara yang turun tanpa di cek serta mobil yang parkir berhari-hari dampaknya kompon karet ban keras," tambahnya. 

Paling efektif, kata dia, idealnya dalam satu minggu sekali mobil digunakan jalan. Upayakan pentil ban bisa berubah posisi agar distribusi tekanan udara optimal. 

"Jenis MPV ukuran tekanan angin umumnya 32-35 psi. Biar ngga benjol bisa seminggu maju mundur keluar garasi," katanya. 

Tak heran, jika mobil hanya diam saja di garasi selama berbulan-bulan, selain debu komponen kelistrikan dikhawatirkan bisa rusak karena jadi sarang tikus. 

Baca juga: Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

"Banyak kasus perkabelan putus akibat gigitan tikus," ujarnya. 

Meskipun jarang dipakai, menurut Paska setidaknya tetap rutin memanaskan mesin meski hanya sebentar. Cukup 3-5 menit saja sirkulasi oli dan arus aki dapat terisi. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.