Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Paten Motor Listrik Boxer BMW Motorrad Terungkap

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain sepeda motor listrik BMW Motorrad terungkap di kantor paten Amerika Serikat. Paten ini menarik sebab motor listrik yang ada dalam gambar itu mengusung mesin boxer ala BMW GS

Mengutip Rideapart, satu hal yang menarik dari konsep ini ialah BMW mencoba mempertahankan bentuk mesin Boxer. Tampilannya jadi lebih kekar dan tidak menghilangkan ciri khas motor BMW.

Belum ada konfirmasi teknis mengenai mesin yang dipakai. Tapi disebut bentuk motor listrik Boxer ini ialah upaya untuk mendinginkan dinamo dan baterai. Karena baterai bisa menjadi sangat panas, baik saat digunakan maupun saat isi daya.

Proposal paten BMW menyarankan beberapa kemungkinan konfigurasi untuk mencapai pendinginan optimal. Semua mengandalkan sirip pendingin eksternal, yang memanfaatkan pergerakan udara.

Sistemnya bisa berupa motor listrik, baterai, pengontrol atau bahkan pendinginan tambahan seperti radiator. Dalam kasus terakhir, radiator akan dianggap sebagai sarana pendinginan sekunder.

Meski secara desain konsep ini cukup menarik tapi sebetulnya ini bukan barang baru. Pada 2019 BMW sudah memperkenalkan prototipe motor konsep Vision DC Roadster di Jerman.

Dari depan, bentuk lampunya sipit dengan suspensi tunggal model girder. Bentuknya tangkinya yang mana bukan tangki bensin menyatu dengan jok tunggal dan bagian belakang runcing ala buntut tawon.

Kemunculan paten ini tidak berarti Vision DC Roadster akan segera masuk jalur produksi. Tapi setidaknya menarik mempelajari arah berpikir BMW jika ingin melansir motor listrik di masa depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/19/080200215/paten-motor-listrik-boxer-bmw-motorrad-terungkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke