Jangan Pindahkan Tuas Transmisi D ke R Sebelum Mobil Berhenti Total

Kompas.com - 14/06/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan pengemudi mobil transmisi matik, yaitu memindahkan tuas transmisi dengan cepat. Padahal dalam mengoperasikan, selain harus benar juga perlu berhenti sejenak.

Alasannya, karena selain itu dapat merusak komponen, juga bisa membahayakan pengendara seperti kecelakaan dan lain-lain.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah

Toyota Avanza generasi pertamaDok. TAM Toyota Avanza generasi pertama

Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis Hermas Efendi Prabowo menyampaikan untuk melakukan pemindahan tuas transmisi perlu menunggu sampai kendaraan benar-benar berhenti total.

“Saran saya, pergeseran tuas itu dalam kondisi mobil yang betul-betul berhenti total. Karena transmisi matik ini berbeda dengan transmisi manual. Pada transmisi manual tidak apa-apa pindah-pindah gigi saat kendaraan masih sedikit berjalan, karena kita sendiri yang menginjak kopling. Kalau matik kan tidak begitu,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Hermas menegaskan perpindahan tuas transmisi seperti dari D ke R tidak perlu buru-buru, ditakutkan mobil belum benar-benar berhenti total, karena hal itu bisa merusak planetary gear, katanya.

Baca juga: Pengguna Mobil Matik Wajib Lakukan Ini Agar Transmisi Awet

Intinya, pada transmisi matik bukan pengendara yang mengoperasikan koplling secara langsung, melainkan hanya mengendalikan komponen yang nampak seperti tuas transmisi.

Sisanya dikendalikan secara otomatis melalui sistem. Perbedaan itu lah yang mendasari pengendara perlu senantiasa berhati-hati selama berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.