Kompas.com - 11/06/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) belum lama ini melakukan uji coba tiga bus listrik dengan merek berbeda. Ketiga bus tersebut merupakan model low entry dan ditugaskan melayani rute non Bus Rapid Transit (BRT).

Tiga bus listrik ini melanjutkan dua uji coba sebelumnya yang juga merupakan model low entry. Jadi sudah ada lima bus listrik yang diuji coba untuk beroperasi di jalur normal, bukan busway.

Padahal bisa dilihat kalau kebanyakan koridor bus Transjakarta kebanyakan menggunakan bus high deck alias dek tinggi. Sehingga pintu bus harus dibuat lebih tinggi, menyesuaikan dengan haltenya.

Baca juga: Sempati Star Tambah Bus Baru, Pakai Kursi Custom

Bodi E-Citytline buatan karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Bodi E-Citytline buatan karoseri Laksana

Lalu kapan bus listrik dengan model high deck diuji coba Transjakarta?

Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya mengatakan, uji coba bus listrik dek tinggi mungkin akan dilakukan dalam waktu dekat.

High deck mungkin dalam waktu dekat, kita tunggu lah ya, doakan saja," ucap Yana di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Varian Baru Meluncur Bulan Depan?


Pertimbangan model bus listrik dek tinggi yang belum diuji coba adalah mengenai kesiapan kendaraannya. Jika dilihat kondisinya sekarang, baru bus dengan model low entry yang siap diuji coba.

"Kita kan enggak ingin uji coba dilaksanakan ada masalah. Jadi bus yang diuji coba beratrti sudah oke," ucapnya.

Yana menambahkan, Jakarta adalah salah satu kota yang mengoperasikan bus listrik, jadi terdapat beberapa pemegang merek yang menawarkan busnya. Jadi tinggal tunggu saja dalam waktu dekat bus listrik high deck merek apa yang akan diuji coba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.