Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Kompas.com - 04/07/2021, 13:21 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil www.pgfilters.comIlustrasi membersihkan filter AC di mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mengurangi penyebaran virus corona, pemerintah menerapkan aturan PPKM darurat. Kurang lebih aturan ini membatasi mobilitas orang-orang seperti halnya PSBB pada tahun lalu.

Jika tidak ada keperluan mendesak, baiknya masyarakat tetap berada di rumah. Termasuk urusan perawatan mobil, tidak perlu ke bengkel apabila bisa dilakukan sendiri.

Kepala bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro Kelvin Ong, mengatakan, salah satu perawatan mobil yang bisa dilakukan di rumah yaitu membersihkan filter AC.

Baca juga: Daftar Mobil yang Dapat Perpanjangan Diskon PPnBM 0 Persen sampai Agustus 2021

Ilustrasi interior Mitsubishi Pajero V80motor1.com Ilustrasi interior Mitsubishi Pajero V80

Menurutnya, membersihkan filter AC mobil sangat mudah dilakukan. Anda tinggal membuka boks filter AC, yang biasanya terletak di balik glove box.

Cara membuka glove box tiap mobil mungkin berbeda-beda tergantung pabrikannya. Hal ini bisa Anda lihat pada buku manual kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Membersihkan filter AC mobil di rumah paling bisa diketuk-ketuk saja, biarkan debunya turun,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Kendaraan Lain Celaka di Jalan Tol

Ilustrasi membersihkan filter ACyoutube.com Ilustrasi membersihkan filter AC

“Kalau mau dicuci memang bisa bersih, tetapi pada akhirnya filter itu akan berbulu dan malah menghalangi angin,” kata dia.

Dengan cara diketuk-ketuk, sebetulnya filter AC mobil tidak bisa bersih maksimal. Oleh sebab itu, fiter AC mobil harus diganti rutin, berbeda dengan filter AC rumahan yang bisa dibersihkan dengan dibilas air.

“Membersihkan dengan angin dari kompresor juga bisa, tetapi hasilnya tetap tidak maksimal.,” ucap Kelvin.

Baca juga: KTM Ajukan 2 Wildcard untuk Dani Pedrosa

Filter AC di kabin spaoto.com Filter AC di kabin

“Sebaiknya filter AC di mobil diganti setiap tiga sampai enam bulan, atau kalau dihitung kilometer, per 10.000 km bisa diganti,” kata dia.

Namun dengan rutin membersihkan filter AC mobil sebelum masa pakainya habis, tentu bisa menjaga kualitas udara pada kabin mobil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X