Kompas.com - 09/06/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa perawatan mobil, dalam hal mempercantik tampilan eksterior, seperti cat, saat ini cukup menjamur. 

Namun harus dipahami, meski sekilas sama tapu antara salon mobil dan auto detailing punya berbedaan, tertutama dalam hal penggunaan cairan pembersih.

Dari hal tersebut, hasil akhirnya antara pengerjaan salon mobil dan auto detailing juga beda, lantaran proses dari akurasi, ketelitian polishing, sampai treatment yang tak sama.

Begitu pula dengan daya tahan dan kebersihan, bisa dibilang auto detailing lebih lama ketimbang melakukan perawatan di salon mobil. 

Baca juga: Paksa Motor Berjalan Saat Kondisi Ban Kempis Bisa Bikin Rugi

Waxing bodi mobil(DR OTO) Waxing bodi mobil

Chief Executive Officer HD Car Care Indonesia Yaska Wu menjelaskan, contoh sederhana saat proses membersihkan bagian roda di tempat auto detailing akan dibersihkan hingga ke baut, sedangkan salon mobil hanya sampai pelek dan semir.

"Paket auto detailing mencakup pembersihan, pemulihan eksterior melalui beberapa step, dan interior,” ujar Yaska, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Yaska, ada sejumlah tahapan dalam proses auto detailing, mulai dengan cleaning dengan mencuci sampai bersih objeknya.

Berikutnya, mobil akan memasuki tahapan paint correction, bisa dilakukan dengan compounding, polishing, dan glazing, serta menggunakan produk-produk lain yang dibuat untuk mengembalikan kilap bodinya.  

Baca juga: Jokowi Coba Genesis G80 di Batang, Ini Pengalaman Pakai Mobil Listrik ke Luar Kota

Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)KOMPAS.com/Ruly Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)

Kemudian maintenance yang menjadi bagian akhir. Proteksi yang diberikan pada kendaraan bersifat temporal,  durasinya bisa berbeda-beda, tergantung pada kemampuan produk masing-masing.

“Teknologi paint protection yang sangat populer di dunia, yaitu Nano Ceramic Coating yang sifatnya melapisi dan memproteksi cat kendaraan jauh lebih baik dari pada wax,” kata Yaska.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.