Video Bus Tersangkut, Gara-gara Bodi Belakang Terlalu Panjang

Kompas.com - 09/06/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus memiliki dimensi yang panjang, sekitar 12 meter sampai paling panjang adalah 13,5 meter. Ukurannya yang besar ini kadang harus menyesuaikan cara menyetirnya.

Jangan sampai bus malah tersangkut seperti yang ada pada video unggahan akun Jakarta.terkini di Instagram. Terlihat pada video singkat tersebut, bus tersangkut ketika mau keluar dari parkiran.

Tersangkut di sini bisa dilihat pada roda belakang yang terangkat, tidak mengenai aspal. Penyebabnya adalah karena bodi belakang yang tersangkut ke jalan yang agak menurun.

Baca juga: Tahun 2030, Seluruh Armada Transjakarta Pakai Bus Listrik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

Bodi belakang atau rear overhang yang panjang ini menyebabkan departure angle jadi semakin kecil. Departure angle merupakan sudut yang dibuat dari roda belakang ke area paling belakang kendaraan.

Semakin kecol sudutnya, maka kemungkinan tersangkut ketika melewati jalan menurun tinggi. Sedangkan jika sudut departure angle besar, maka risiko bagian bodi belakang tersangkut jadi kecil.

Mengenai video tersebut, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bodi bus tersebut nampaknya sudah dimodifikasi bagian belakangnya, dibuat lebih panjang.

Baca juga: Ini Maksud Menyalakan Lampu Sein Saat Papasan di Jalan Sempit


"Kalau sekarang sudah lama tidak boleh perpanjang sasis di karoseri. Kalau ada yang punya, berarti repair sendiri," ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Kasus bus melakukan modifikasi pada sasisnya memang marak pada beberapa tahun lalu. Cuma saat ini, aturannya sudah lebih tegas, bahkan karoseri yang melakukan modifikasi bisa kena sanksinya.

"Perpajang sasis tidak diperbolehkan, nanti tidak bisa KIR busnya karena terlalu panjang," ucap Yohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.