Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Turun, Begini Cara Tahu Letak Tutup Tangki BBM Mobil

Kompas.com - 09/06/2022, 13:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak jarang ditemui ada beberapa pengemudi yang binggung mencari letak posisi tutup tangki saat akan mengisi bahan bakar di SPBU.

Kebanyakan dialami pengemudi pemula, bahkan bisa juga pengendara yang meminjam mobil dari teman atau menggunakan mobil sewaan.

Memang pabrikan otomotif mendesain mobil dengan posisi lubang pengisian bensin yang tak seragam, ada yang sebelah kiri ada juga yang kanan.

Tapi untuk mengetahui di mana letak posisi tutup tangki pengisian bahan bakar, sebenarnya bukan perkara sulit.

Baca juga: Adu Fitur Honda HR-V dan Kia Sonet, Siapa yang Lebih Unggul?

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Pengendara tak perlu sampai turun dari mobil. Cara paling mudah cukup dengan melihat dari informasi yang sudah disediakan.

 

Dealer Technical Support Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, cara sederhana mengetahui posisi tutup tangki pengisian BBM adalah dengan melihat dari panel instrumen cluster.

"Banyak kasus pengemudi mobil yang belum paham letak posisi lubang pengisian BBM turun dan bingung, bahkan sering minta tolong pengemudi lain atau petugas SPBU," ujar Didi, kepada Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

"Sebenarnya tidak perlu repot, indikator logo pom (dispenser) bensin dengan panah kiri atau kanan itu menandakan posisi lubang isi BBM setiap mobil," katanya. 

Didi menjelaskan, indikator letak posisi tutup tangki BBM mobil biasanya berbentuk dispenser yang di sertai logo panah arah kiri atau kanan.

Baca juga: Segera Diganti MLFF, Begini Perjalanan Bayar Tol di Indonesia

 

Cukup dengan melihat, pengemudi sudah bisa mengetahui letaknya dan membuka tuas tutup tangki yang ada di samping atau bawah jok mobil. Artinya tak perlu repot harus sampai turun dari mobil. 

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur dan 174 unit skid tank untuk LPG serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik ditambah 11 SPBU Siaga Tol Trans - Sumatera dan empat SPBU Modular di sepanjang jalur Tol Bakauheni - Palembang.ANTARA FOTO/ARDIANSYAH Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur dan 174 unit skid tank untuk LPG serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik ditambah 11 SPBU Siaga Tol Trans - Sumatera dan empat SPBU Modular di sepanjang jalur Tol Bakauheni - Palembang.

"Dengan hanya melihat gambar indikator BBM, pengemudi tidak perlu melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com