Tahun 2030, Seluruh Armada Transjakarta Pakai Bus Listrik

Kompas.com - 08/06/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan di 2030, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus listrik untuk semua armadanya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada acara peluncuran uji coba tiga merek bus listrik oleh Transjakarta, Rabu (8/6/2022).

"Jakarta sudah menetapkan bahwa 2030, ditugaskan kepada PT Transjakarta untuk bisa me-refreshment seluruh kendaraan yang fosil menjadi listrik secara bertahap," ucapnya di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Kemenhub Sebut Sopir Jadi Faktor Terbesar Penyumbang Kecelakaan Bus

Pelepasan uji coba bus listrik PT Transjakarta di Depo Transjakarta Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (8/6/2022).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Pelepasan uji coba bus listrik PT Transjakarta di Depo Transjakarta Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (8/6/2022).

Direktur Utama PT Transjakarta M. Yana Aditya mengatakan, sampai saat ini baru ada 30 unit bus listrik yang beroperasi. Sedangkan targetnya di akhir tahun 2022 akan ada 100 unit bus listrik Transjakarta.

"Rencana kerja kita sampai 2030, ada 10.047 unit, itu dipenuhi secara bertahap," ucap Yana.

Untuk mencapai jumlah yang begitu besar, PT Transjakarta juga sedang menyiapkan infrastruktur penunjang bus listrik. Misalnya seperti charging station yang saat ini sudah ada di beberapa titik.

Baca juga: Ini Alasan kenapa Tidak Boleh Buang Air Besar di Toilet Bus

"Kita mempersiapkannya paralel, penyiapan infrastruktur, satu kendaraan listrik, bikin charging station. Saat ini sudah disiapkan charging station di Cawang dan beberapa tempat lain, sembari mengikuti perkembangan jumlah bus listriknya," kata Yana.

Lalu bagaimana dengan nasib bus Transjakarta lain yang masih menggunakan bahan bakar minyak?

Syafrin menjelaskan, secara bertahap bus dengan bahan bakar fosil tersebut akan diganti dengan bus listrik. Hal ini seiring dengan aturan batas usia layanan angkutan umum di Jakarta yang 10 tahun sesuai dengan Peraturan Daerah No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi.

"Secara bertahap, setiap kendaraan yang dioperasionalkan oleh Transjakarta begitu habis masa usia ekonomisnya dan teknisnya tadi 10 tahun, mereka wajib me-refreshment busnya dengan bus listrik baru," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.