Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Performa Mesin Turbo Chery Tiggo 7 Pro di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 7 Pro menjadi produk pertama dari Chery yang akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Tidak main-main, Tiggo 7 Pro dibekali dengan mesin turbo yang cukup bertenaga.

Soal spesifikasi resminya, memang belum diberikan informasi lebih detail. Pastinya, Tiggo 7 Pro dibekali dengan mesin 1.500 cc turbo yang menghasilkan tenaga 155 TK dan torsi 230 Nm.

Tenaga dan torsi yang besar tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT. Selain itu, bisa dipilih mode manual dengan 9 percepatan serta mode berkendara sport dan eco.

Untuk pemakaian harian, mesin 1.500 cc turbo tergolong sangat memadai. Tenaganya sangat cukup untuk pemakaian harian, apalagi torsinya sudah terasa di rpm rendah, jadi tidak perlu dalam menginjak pedal gas untuk melaju.

Kemudian, jika dibawa ke jalan tol, mesin Tiggo 7 Pro terasa halus. Mungkin bisa dari peredaman kabin yang baik, namun ketika pedal gas diinjak, mesin langsung responsif memuntahkan tenaga yang besar, tapi tanpa ada kesan mengentak, tidak kasar.

Berdasarkan pengetesan yang redaksi lakukan, konsumsi bahan bakar dalam kotanya ternyata agak boros, yakni 8,3 kilometer per liter (kpl). Namun, dengan catatan kondisi jalan yang dilalui macet parah, rutenya dari Jakarta Barat ke Ancol, lalu lanjut mengelilingi Pantai Indah Kapuk (PIK).

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar luar kota, Tiggo 7 Pro memperlihatkan keunggulannya. Menjelajahi sekitar 100 km, Tiggo 7 Pro mencatatkan konsumsi bbm 14,1 kpl.

Bisa terasa hematnya ketika mobil berjalan konstan di kecepatan 90 kpj sampai 100 kpj. Apalagi putaran mesin di kecepatan tersebut tidak sampai melebihi 2.000 rpm, sangat halus.

Selain konsumsi BBM, redaksi juga mencoba performa akselerasi 0-100 kpj pakai Racelogic. Hasilnya, mobil SUV yang cukup besar dimensinya ini mencatatkan waktu 12,4 detik dari 0 sampai 100 kpj.

Pengujian tersebut dilakukan sambil membawa satu orang penumpang, jadi ada dua orang di kabin. Selain itu, untuk catatan waktu 0 kpj sampai 60 kpj, dibutuhkan waktu 5,8 detik saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/100200415/uji-performa-mesin-turbo-chery-tiggo-7-pro-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke