Kompas.com - 07/06/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengulas bagian eksterior dan interior. Tim redaksi kali ini akan membahas tentang performa dan konsumsi bahan bakar dari Honda HR-V dan Kia Sonet.

Kedua mobil ini sama-sama bertarung di kelas sport utility vehicle (SUV) dengan kapasitas mesin yang sama yakni 1.500 cc.

Honda HR-V mengusung kubikasi mesin 1.500 cc DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 121 ps atau 119,2 tk pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara Kia Sonet dibekali mesin 1.500 cc Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT. Di atas kertas, dapur pacu Kia Sonet mampu memuntahkan tenaga 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 144 Nm.

Baca juga: Adu Nyaman Interior Honda HR-V dan Kia Sonet

Bicara soal konsumsi BBM, pada pengetesan yang dilakukan oleh tim redaksi via Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju kawasan Purwakarta dengan jarak sekitar 136,8 Km, tercatat pada layar MID untuk Honda HR-V, hasil rata-rata konsumsinya tembus 18,7 kilometer per liter (kpl) dengan kecepatan sekitar 30-32 kpj.

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Hasil tersebut redaksi dapatkan dengan kondisi jalan tol yang memang lenggang ketika pagi hari, gaya berkendara juga cenderung lebih santai.

Sementara untuk konsumsi bahan bakar Kia Sonet dari pengujian menelusuri Tol Jakarta-Cikampek dan masuk ke ruas Purbaleunyi dengan total jarak tempuh berdasarkan MID menunjukan sejauh 283,7 km, konsumsinya BBM menghasilkan angka 17,3 kpl.

Gaya berkendara selama perjalanan cukup normal dan konstan, meski sesekali harus menekan pedal gas lebih dalam ketika menyalip beberapa truk. Tim redaksi juga sempat menggunakan fitur cruise control saat di jalan tol pada kecepatan rata-rata 70-80 kpj.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Baca juga: Unik, Modifikasi Hyundai Atoz Bergaya Smart Pintu Dua

Kesimpulannya, ada sedikit perbedaan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan keduanya. Honda HR-V sedikit lebih irit dibandingkan dengan Kia Sonet.

Namun, perlu dipahami, bahwa hasil konsumsi BBM tersebut tidak bisa menjadi acuan baku. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari konsisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.