AC Mobil Bermasalah, Hitung Berapa Kisaran Biaya Perbaikan

Kompas.com - 07/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil agar pengemudi nyaman saat berkendara adalah Air conditioner (AC).

Sayangnya, bagi sebagian orang perawatan terhadap AC masih sering diabaikan. Umumnya, para pemilik mobil baru memeriksakan AC mobil saat mengalami masalah.

Jarang dari mereka yang melakukan service rutin seperti halnya mesin yang sudah punya jadwal khusus untuk ganti oli mesin dan sebagainya. Tak heran jika banyak pemilik mobil yang kerap mengalami masalah pada AC.

Baca juga: Hati-hati, Kenali Berbagai Penyebab Mobil Terbakar

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro mengatakan, rata-rata AC tidak berfungsi secara maksimal karena adanya masalah pada kompresor.

Kondisi ini terjadi karena ada permasalahan di bagian internal komponen atau sudah masuk jangka waktu penggantian atau perawatan.

“Penyebabnya macam-macam, bisa karena tekanan kompresornya berkurang, masalah di freon dan sebagainya. Secara umum, pergantian oli kompresor itu dilakukan setiap 40.000 kilometer sekali,” ucap Kelvin kepada Kompas.com, belum lama ini.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Kelvin melanjutkan, biasanya pengemudi akan merasa gerah atau punggung terasa hangat khususnya pada siang hari, jika AC mobil sudah tidak bekerja secara optimal.

“Tangan memang terasa dingin, tapi punggung masih hangat dan berkeringat. Jika speed AC-nya dinaikan, mulai terasa. Tapi seiring berjalannya waktu, yang terasa hanya angin saja,” kata dia.

Adapun biaya perbaikan AC mobil tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis mobilnya. Rata-rata biaya servis mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.

Baca juga: Bahaya Sepelekan Titik Buta Saat Mengendarai Mobil

“Jika pergantian medium, sekitar Rp 1 juta. Ini pengerjaannya bisa tanpa bongkar. Sementara untuk servis besar, kisaran mulai dari Rp 1,5 juta termasuk flushing sistem dan penggantian oli kompresor,” ucap Kelvin.

Adapun untuk menebus kompresor baru yang orisinal, biayanya tergolong lumayan. Seperti contoh untuk Toyota Avanza saja, satu unit kompresor buatan Denso banderolnya kisaran Rp 1,6 juta.

Harga tersebut biasanya semakin tinggi, seiring dengan segmen mobil yang digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.