Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Mobil Bermasalah, Hitung Berapa Kisaran Biaya Perbaikan

Kompas.com - 07/06/2022, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil agar pengemudi nyaman saat berkendara adalah Air conditioner (AC).

Sayangnya, bagi sebagian orang perawatan terhadap AC masih sering diabaikan. Umumnya, para pemilik mobil baru memeriksakan AC mobil saat mengalami masalah.

Jarang dari mereka yang melakukan service rutin seperti halnya mesin yang sudah punya jadwal khusus untuk ganti oli mesin dan sebagainya. Tak heran jika banyak pemilik mobil yang kerap mengalami masalah pada AC.

Baca juga: Hati-hati, Kenali Berbagai Penyebab Mobil Terbakar

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro mengatakan, rata-rata AC tidak berfungsi secara maksimal karena adanya masalah pada kompresor.

Kondisi ini terjadi karena ada permasalahan di bagian internal komponen atau sudah masuk jangka waktu penggantian atau perawatan.

“Penyebabnya macam-macam, bisa karena tekanan kompresornya berkurang, masalah di freon dan sebagainya. Secara umum, pergantian oli kompresor itu dilakukan setiap 40.000 kilometer sekali,” ucap Kelvin kepada Kompas.com, belum lama ini.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Kelvin melanjutkan, biasanya pengemudi akan merasa gerah atau punggung terasa hangat khususnya pada siang hari, jika AC mobil sudah tidak bekerja secara optimal.

“Tangan memang terasa dingin, tapi punggung masih hangat dan berkeringat. Jika speed AC-nya dinaikan, mulai terasa. Tapi seiring berjalannya waktu, yang terasa hanya angin saja,” kata dia.

Adapun biaya perbaikan AC mobil tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis mobilnya. Rata-rata biaya servis mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.

Baca juga: Bahaya Sepelekan Titik Buta Saat Mengendarai Mobil

“Jika pergantian medium, sekitar Rp 1 juta. Ini pengerjaannya bisa tanpa bongkar. Sementara untuk servis besar, kisaran mulai dari Rp 1,5 juta termasuk flushing sistem dan penggantian oli kompresor,” ucap Kelvin.

Adapun untuk menebus kompresor baru yang orisinal, biayanya tergolong lumayan. Seperti contoh untuk Toyota Avanza saja, satu unit kompresor buatan Denso banderolnya kisaran Rp 1,6 juta.

Harga tersebut biasanya semakin tinggi, seiring dengan segmen mobil yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com